Ilustrasi junk food./boldsky.com
Health

JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019 : Waspadai 10 Jenis Makanan Ini Jika Enggan Kerepotan Saat Mudik

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Sabtu, 1 Juni 2019 - 10:48
Bagikan

Bisnis.com, SURAKARTA – Selama perjalanan mudik, Anda tentu membutuhkan stamina yang prima karena harus berkendara selama berjam-jam. Agar tidak mudah terserang penyakit selama perjalanan mudik, ada sejumlah makanan yang perlu diwaspadai, bahkan dihindari.

Berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dikurangi atau dihindari saat mudik agar perjalanan Anda tidak terganggu:

1. Gorengan
Anda pasti sudah tahu betul bahwa gorengan mengandung lemak tinggi yang akan menganggu proses pencernaan dalam tubuh. Terlalu banyak mengonsumsinya akan menyebabkan Anda batuk-batuk selama perjalanan.

2. Makanan Beku
Biasanya makanan beku menjadi penyelamat saat tidak mau repot mempersiapkan konsumsi untuk berpergian, contohnya makanan yang mengandung keju seperti sandwich. Meski layak konsumsi, tapi kebanyakan bahan-bahan yang digunakan sudah tidak segar. Mengonsumsinya saat perjalanan bisa membuat Anda mual.

3. Minuman Bersoda
Minuman ini memang sangat segar diminum apalagi jika cuaca sedang panas terik. Namun, sebaiknya hindari minuman bersoda karena akan membuat perut kembung dan memicu naiknya asam lambung.

4. Daging
Mengonsumsi daging memang baik bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan, perut bisa terasa begah. Oleh karena itu, seimbangkan konsumsi daging dengan sayuran dan buah.

5. Menu Olahan Susu
Tidak ada salahnya mengonsumsi olahan susu saat perjalanan, tetapi jangan berlebihan atau Anda akan mengalami kembung dan mual selama perjalanan.

6. Buah Jeruk dan Sejenisnya
Buah jeruk memang mengandung banyak sekali vitamin C dan serat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, sebaiknya hindari konsumsi buah ini saat hendak mudik karena bisa membuat Anda sakit perut.

7. Sambal
“Makan kurang lengkap jika tak ada sambal!” begitulah slogan masyarakat yang kulinernya didominasi dengan makanan pedas bersambal. Hati-hati, terlalu banyak mengonsumsi sambal dan makanan pedas akan membuat Anda diare, panas dalam, dan sakit tenggorokan.

8. Peppermint
Peppermint memang akan memberikan sensasi dingin nan menyegarkan dalam tubuh. Namun, peppermint akan menyebabkan refluks asam dan mulas. Kopi dan cokelat pun juga memiliki pengaruh yang sama.

9. Makanan yang Mengandung Pemanis Buatan
Kerap ditemukan pada permen bebas gula, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan akan membuat Anda ingin selalu buang air besar.

10. Makanan Cepat Saji
Makanan cepat saji kerap ditemukan di sepanjang rest area jalur mudik, tetapi jika terlalu banyak mengonsumsi junk food, Anda akan merasakan sensasi heartburn yakni sensasi terbakar karena naiknya asam lambung.

Sebenarnya, tidak masalah jika ingin mengonsumsi makanan dan minuman tadi saat mudik, asalkan perhatikan porsinya. Atur porsi secukupnya agar tidak berpotensi menjadi sumber penyakit yang hanya akan merepotkan Anda sepanjang perjalanan mudik.

Selamat mudik sehat!

Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Annisa Margrit
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro