Gedung Kementerian Kesehatan RI di Jakarta. -Bisnis.com/Samdysara Saragih
Health

Kemenkes Waspadai Penyebaran Penyakit Endemik Selama Arus Mudik

Fitri Sartina Dewi
Selasa, 4 Juni 2019 - 17:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) mengantisipasi terhadap penyebaran penyakit endemik yang dibawa oleh penumpang di bandara dan di pelabuhan.

Upaya pencegahan penyebaran penyakit endemik dilakukan dengan memasang perangkat thermal scanner untuk mendeteksi dan mengantisipasi penyebaran virus dan penyakit lainnya.

"Di bandara dan pelabuhan kita sudah memasang thermal scanner. Di sini kami memang menaruh perhatian pada transportasi yang berasal dari daerah-daerah yang mempunyai risiko terhadap penyakit endemik, seperti malaria dari Papua, dan NTT,” ungkap Dirjen P2P, Anung Sugihantono seperti dikutip dalam keterangan yang dirilis Kemenkes, Selasa (4/6/2019).

Jika alat pendeteksi menunjukkan ada orang yang terindikasi penyakit tersebut, maka akan dilakukan pemeriksaan.

“Jadi akan kami lakukan pemeriksaan, dan kalau positif akan diobati dulu,'' jelasnya.

Dia mengungkapkan sejauh ini otoritas di bandara maupun di pelabuhan sudah memberikan pelayanan yang sangat memadai, seperti menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan.

Untuk menjamin kesiapan fasilitas kesehatan di beberapa titik lokasi kepadatan arus mudik, pihaknya juga melakukan peninjauan dan memberikan bantuan logistik berupa masker, higiene kit, dan polybag.

Menurut Anung, pos pelayanan kesehatan disediakan untuk memudahkan para pemudik yang ingin memeriksakan kesehatannya, atau sekedar beristirahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro