Aneka kue kering/Istimewa
Health

Rayakan Lebaran, Jangan Biarkan Penyakit Menyerang

Asteria Desi Kartika Sari
Rabu, 5 Juni 2019 - 14:26
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Berbagai penyakit berpotensi muncul jika mengonsumsi makanan dan minuman beragam jenis secara berlebihan. Apalagi saat momen Lebaran seperti di Tanah Air yang identik dengan beragam makanan baik manis, asin, maupun berlemak. Jika berlebihan tentu risiko kambuhnya penyakit pun bakal meningkat.

Akademisi dan Praktisi Klinis Ari Fahrial Syam mengatakan kue-kue manis memiliki kalori tinggi, seperti kue yang banyak mengandung cokelat dan keju mendominasi penganan Lebaran. Cake biasanya dibuat dengan kuning telur yang banyak yang banyak mengandung kolesterol tinggi.

“Hidangan makan juga banyak yang mengandung santan, sekali lagi makanan yang bersantan juga mengandung lemak. Apalagi jika makanan tersebut dimasak berulang-ulang sehingga lemak jenuhnya semakin tinggi dan ini sudah tidak baik untuk kesehatan,” ujarnya, Rabu (5/6/2019).

Selain itu, seringkali berbagai minuman kaleng bersoda disediakan selama Lebaran. Makanan-minuman ini jika dikonsumsi berlebihan oleh seseorang yang sudah mempunyai penyakit kronik akan menyebabkan penyakitnya kambuh. Misalnya, pasien dengan penyakit kencing manis akan cenderung gula darahnya menjadi tidak terkontrol.

“Pasien dengan hiperkolesterol atau asam urat tinggi maka keadaan kolesterol dan asam urat tingginya menjadi bertambah parah,”  katanya.

Dia menyarankan masyarakat untuk selalu waspada dengan riwayat penyakit yang dimiliki sehingga lebih bijaksana dalam mengonsumsi makanan maupun minuman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro