Menkeu Sri Mulyani bersiap mengikuti rapat terbatas tentang ketersediaan anggaran dan pagu indikatif tahun 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (22/4/2019)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Fashion

Seperti Ini Tradisi Lebaran Sri Mulyani saat Kecil

Anitana Widya Puspa
Rabu, 5 Juni 2019 - 08:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Menteri Keuangan Sri Mulyani memiliki sejumlah kenangan masa kecil terkait tradisi Lebaran yang dijalani bersama keluarga.

Dia mengungkapkan pada momen ini, menjahit baju baru (kembar) menjadi kebiasaan bagi anak-anak perempuan.

Selain itu juga menyiapkan bekal perjalanan keberangkatan ke rumah Embah Putri (Eyang putri) karena tidak banyak rumah makan dan restoran seperti sekarang. Perjalanan pulang mudik melalui sawah-sawah yang menghijau mendekati panen, juga melewati pasar tumpah di setiap kota yang dilalui.

Saat itu, kata dia, tidak ada ketergesaan, semua saling membagi ruang, membagi waktu, membagi rezeki semua rukun dan ramah.

Tak hanya itu, Lebaran adalah momen baginya untuk melakukan sungkeman ke oran tua. Betapa banyak kesalahan  sebagai anak kepada orangtua. Dalam sungkem tersebut, Sri Mulyani meminta maaf dan memohon doa restu.

“Betapa damai sewaktu kepala kita tumpukan di pangkuan orangtua. Sejenak merasakan elusan tangan dan bisikan doa di telinga kita, dan ciuman di kepala kita. Orangtua mengingatkan agar kita senantiasa berbuat baik kepada sesama, jujur dan ikhlas. Jangan lupa sembahyang (sholat), selalu mampu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT. Orangtua kita senantiasa mendoakan agar putra-putrinya selamat dan bahagia dalam menapaki kehidupan,” ungkapnya melalui akun instagram yang diunggah pada Selasa(4/6/2019).

Lebaran baginya juga adalah ziarah (nyekar) ke makam Embah Kakung dan Ieluhur yang telah meninggal. Menabur bunga mawar merah dan putih sambil memanjatkan doaagar arwah beliau mendapat ampunan dan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Alfatehah untuk para Ieluhur yang telah mendahului kita. Sambil mengingatkan diri bahwa suatu saat kita pun akan dipanggil pulang oleh Sang Khalik.

Tak lupa, Lebaran juga adalah pesta ketupat, opor, sambel goreng ati, ditabur bubuk kedelai. Di sela soto ayam, serundeng dan Iemper buatan embah putri yang begitu Iezat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro