Ginjal/wikybrew.com
Health

5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

Ana Noviani
Kamis, 6 Juni 2019 - 21:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting terhadap kesehatan. Sejumlah makanan dipercaya dapat menjaga kesehatan dan meningkatkan kinerja ginjal.

Ginjal berfungsi sebagai penyaring darah dari zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh serta menyeimbangkan cairan dan level elektrolit.

Salah satu asupan yang sangat baik bagi kinerja ginjal, yakni air. Air merupakan minuman yang paling penting bagi tubuh. Sel tubuh membutuhkan air untuk mengirimkan zat-zat mineral ke dalam saluran darah. Ginjal menggunakan air untuk memfilter toksin keluar dari tubuh menjadi urin.

Selain air, berikut sejumlah makanan yang dapat menjaga kesehatan ginjal.

- Ikan yang kaya lemak omega-3
Ikan salmon, tuna, dan ikan lain yang kaya lemak omega 3 dan fatty acids dapat bermanfaat bagi kesehatan ginjal. Tubuh manusia tidak dapat menciptakan omega-3 sehingga zat kaya manfaat itu harus didapat dari asupan nutrisi, salah satunya ikan.
Berdasarkan catatan National Kidney Foundation, lemak omega 3 dapat menurunkan level lemak darah dan sedikit menurunkan tekanan darah. Apalagi, tekanan darah tinggi berisiko mengganggu kinerja ginjal.

- Buah Berry
Stroberi, blueberries, dan raspberries merupakan sumber nutrisi dan antioksidan. Zat tersebut akan membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Buah berry juga menjadi opsi yang baik untuk asupan makanan manis.

- Apel
Sebuah apel dipercaya sebagai camilan sehat yang mengandung serat penting bernama pektin. Pektin dapat membantu menurunkan penyakit yang berisiko memicu kerusakan ginjal, seperti diabetes dan kolesterol.

- Ubi
ubi memiliki serat yang dicerna secara perlahan olah tubuh, sehingga tidak menaikkan kadar insulin secara drastis. Ubi juga mengandung vitamin dan mineral, seperti potasium yang dapat menyeimbangkan level sodium dalam darah. Namun, orang dengan chronic kidney disease (CKD), harus menghindari makanan ini karena ubi mengandung kadar potasium yang tinggi.

- Sayuran hijau
Sayuran yang berwarna hijau gelap, seperti bayam dan kale mengandung berbagai jenis vitamin, serat dan mineral, serta antioksidan. Namun, kandungan potasiumnya perlu dicermati oleh orang yang menjalani dialisis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Sumber : www.medicalnewstoday.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro