Bakteri penyebab penyakit./medicine.net
Health

Waspada! Penyakit Menular Seksual Semakin Luas Tersebar

Aprianus Doni Tolok
Jumat, 7 Juni 2019 - 02:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Lebih dari satu juta orang setiap hari di seluruh dunia menderita infeksi penyakit menular seksual.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklaim klamidia, gonore, trikomoniasis, dan sifilis menjadi penyakit yang paling mengkhawatirkan.

Dalam laporan WHO, sebagian besar infeksi mudah dicegah dan disembuhkan, tetapi beberapa penyakit, khususnya gonore semakin sulit diobati dengan antibiotik.

“Infeksi menular seksual ada di mana-mana. Itu jauh lebih besar daripada yang kita kira," ujar Teodora Wi, petugas medis di departemen WHO seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/6/2019).

Laporan tersebut didasarkan pada data global 2016 yang menunjukkan bahwa di antara pria dan wanita berusia antara 15 tahun dan 49 tahun, ditemukan 127 juta kasus baru klamidia, 87 juta gonore, 6,3 juta sifilis, dan 156 juta trikomoniasis .

WHO menilai infeksi menular seksual atau IMS adalah ancaman kesehatan yang persisten dan endemis di seluruh dunia. Penyakit tersebut memiliki dampak buruk yang besar pada kesehatan orang dewasa dan anak.

Jika tidak segera diobati, penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan efek kesehatan yang serius dan kronis yang meliputi penyakit neurologis, kardiovaskular, infertilitas, kehamilan ektopik, lahir mati dan, peningkatan risiko HIV.

Sifilis sendiri menyebabkan sekitar 200.000 kematian bayi yang baru lahir pada 2016 dan menjadikannya salah satu penyebab utama kematian bayi secara global.

Peter Salama, Direktur Eksekutif WHO untuk cakupan kesehatan universal, mengatakan diperlukan upaya bersama untuk memastikan semua orang, di mana saja dan kapan saja, dapat mengakses layanan yang mereka butuhkan untuk mencegah dan mengobati penyakit ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nurbaiti
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro