Sejumlah anak masuk hari pertama sekolah/Antara
Health

JELAJAH LEBARAN JAWA-BALI 2019: Tips Anak Kembali Semangat Belajar Usai Libur Panjang

Tim Jelajah Lebaran Jawa-Bali
Jumat, 7 Juni 2019 - 23:59
Bagikan

Bisnis.com, NGAWI - Usai menghabiskan liburan panjang di kampung halaman, bersilaturahmi dan merayakan Lebaran, anak Anda bisa jadi kehilangan semangat untuk belajar dan kembali ke sekolah. Hal ini juga biasa terjadi saat liburan panjang sekolah tiba.

Semangat belajar yang mengendur usai liburan panjang bisa jadi serius dampaknya jika tak diantisipasi dengam baik oleh orang tua. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk kembali memacu semangat belajar anak.

1. Membeli peralatan sekolah bersama.

Biasanya setelah libur panjang, anak membutuhkan alat tulis baru. Manfaatkan momen ini untuk menghangatkan semangat anak, dan membawa nuansa bersekolah kembali lebih awal sebelum anak benar-benar masuk sekolah. Namun demikian jangan membeli barang yang tidak dibutuhkan. Selain boros, membeli barang yang tidak perlu juga tidak baik untuk mendidik anak.

2. Penampilan baru.

Mungkinkah momen kembali sekolah adalah saat yanh tepat untuk memgajak anak berganti gaya rambut? Cara ini bisa menjadi salaj satu trik agar anak kembali semangat belajar dan bersekolah. Usai memiliki gaya rambut yang berarti juga penampilan baru, anak bisa jadi memiliki keinginan untuk menunjukkannya pada teman-teman di sekolah.

3. Siapkan perlengkapan seklolah di malam hari.

Malam hari sebelum hari pertama kembali ke sekolah, sempatkan waktu sejenak untuk berbenah alat tulis. Orang tua juga bisa menambahnya dengan mereview pelajaran terakhir.

4. Bacakan dongeng untuk anak

Dongeng adalah media penyalur pesan kepada anak yang efektif. Terlebih jika dibacakan sebelum anak tidur. Anda bisa menyelipkan pesan-pesan semangat belajar di sela-sela mendonngeng.

Psikolog anak Vera Itabiliana mengatakan, dongeng identik dengan dunia anak. Bukan hanya menghibur, membaca dongeng juga memiliki banyak manfaat. Kegiatan ini dapat meningkatkan dan mempererat hubungan antara ibu dan anak, yang tentunya akan mempengaruhi tumbuh kembang anak, baik itu perkembangan sosial, emosi maupun kognitif.

"Tidak hanya itu, dongeng dapat mengembangkan daya imajinasi anak, memperkaya kosa kata dan meningkatkan keterampilan bahasa, melatih kemampuan mendengar serta merangsang kreativitas, " kata Vera.

5. Antarkan anak ke sekolah

Tak ada salahnya mengantarkan anak kembali ke sekolah setelah liburan Lebaran. Selama perjalanan, orang tua juga bisa menyemangati anak.


(Tim Jelajah Jawa-Bali 2019 (Yustinus Andri, Muhammad Ridwan, Andi M. Arief, Maria Elena, Reni Lestari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Jelajah Jawa-Bali 2019
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro