Health

Ini Manfaat Konsumsi Semangka untuk Ibu Hamil

Newswire
Minggu, 9 Juni 2019 - 08:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama masa kehamilan, seorang perempuan harus lebih fokus dalam memilih asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, dan buah semangka bisa menjadi pilihan utamanya.

Salah satu makanan yang layak dikonsumsi adalah semangka yang kaya akan kandungan air, vitamin A, B kompleks dan C, magnesium serta kalium akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik dan meredakan sembelit.

Selain itu, semangka juga tinggi serat yang akan membuat perempuan hamil kenyang lebih lama. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah semangka bagi perempuan hamil, dilansir Boldsky, Sabtu.

1. Mengontrol mual di pagi hari

Mual di pagi hari banyak dialami oleh perempuan yang sedang hamil. Semangka berfungsi dengan baik untuk menenangkan masalah ini. Anda bisa langsung mengonsumsinya atau dibuat sebagai jus setelah bangun tidur. Selain bernutrisi, semangka juga memberikan energi.

2. Meredakan mulas dan keasaman

Makan satu porsi semangka dapat memberikan efek menenangkan pada saluran pencernaan dan perut. Dengan sifat pendinginannya, semangka memberikan bantuan instan dari sensasi terbakar di tenggorokan yang disebabkan oleh keasaman dan asam lambung.

3. Menjaga Tubuh Terhidrasi

Dengan kandungan air lebih dari 90 persen, makan semangka menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Terutama di hari-hari yang terasa panas, seorang perempuan hamil dapat dengan aman mengudap semangka dalam jumlah sedang di siang hari. Dehidrasi pada kehamilan dapat menyebabkan berbagai komplikasi, seperti timbulnya kontraksi dini yang menyebabkan kelahiran prematur.

4. Mengurangi pembengkakan

Dengan tekanan yang diberikan oleh bayi yang sedang tumbuh di dalam rahim, aliran darah ke kaki menjadi sangat terbatas selama kehamilan.

Pembatasan aliran darah normal ke kaki ini menyebabkan pembengkakan di kaki dan juga tangan. Pembengkakan atau edema ini merupakan masalah umum selama kehamilan. Semangka secara efektif mengurangi penyumbatan pada otot dan vena, sehingga mencegah edema secara luas.

5. Mengurangi kram otot

Perubahan hormon, serta kenaikan berat badan dalam kehamilan, dapat menyebabkan rasa sakit di tulang serta kram otot. Kaya akan mineral seperti magnesium dan kalium, semangka membantu mencegah kram otot selama kehamilan.

6. Menghilangkan racun dari tubuh

Dengan kadar air yang tinggi, semangka menghilangkan racun dari tubuh saat dikonsumsi dalam jumlah sedang. Eliminasi racun dari tubuh mencegah kelelahan dan menjaga tubuh tetap berenergi.

7. Baik untuk kesehatan mata

Dengan beta-karoten, semangka juga baik untuk mata ibu hamil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro