Perairan utara DKI Jakarta dipenuhi sampah./Antara-Aprilio Akbar
Fashion

Yuk, Tangani Sampah Mulai dari Diri Sendiri!

Eva Rianti
Jumat, 14 Juni 2019 - 02:25
Bagikan
 
Bisnis.com, JAKARTA - Secara industri, sampah memang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Namun, sampah juga menjadi boomerang yang menakutkan terhadap lingkungan. 
 
Nyatanya, sampah telah menjadi sebuah persoalan yang mendapat perhatian masyarakat global dalam beberapa waktu terakhir.
 
Jumlah komposisi sampah plastik khususnya, berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di wilayah DKI Jakarta saja, pada 2016--2017 menempati posisi kedua setelah sampah sisa makanan dengan jumlah sebesar 12,40%.  
 
Guru Besar Pengelolaan Udara dan Limbah, Institut Teknologi Bandung Enri Damanhuri menuturkan bahwa permasalahan sampah memang merupakan tugas dari seluruh pihak. Namun, penanganannya dapat dimulai dari individu masing-masing. 
 
"Artinya semua orang Indonesia harus dapat mengelola sampahnya di sumber mereka sendiri, di rumah, sekolah, atau kantor," ujarnya dalam acara Gerakan Plastic Reborn yang diadakan oleh Coca Cola di Jakarta, Kamis (13/6/2019). 
 
Dia menjelaskan, sampah plastik merupakan masalah lama dan edukasi harus terus dilakukan. Salah satu edukasi yang perlu terus diberikan adalah pentingnya membiasakan untuk tidak membuang sampah di mana saja.
 
Selanjutnya, membiasakan untuk berperilaku bijaksana dalam menggunakan plastik termasuk dalam hal penanganan sampahnya. 
 
Menurutnya, faktor utama sampah tentu berasal dari perilaku masyarakat yang semakin konsumtif. Di samping itu, minimnya kesadaran dan pola pikir juga turut andil. 
 
"Hal ini bisa dicegah dengan memilah dan mengumpulkan sampah plastik dalam satu tempat," terangnya. 
 
Dia menambahkan bahwa diperlukan kerjasama dari pihak produsen, pengumpul sampah plastik sampai konsumen untuk berperan aktif dalam mendorong masyarakat berperilaku lebih bijaksana dalam penanganan sampahnya, melalui edukasi, dan penegakan peraturan yang konsisten. 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Editor : Sutarno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro