Ilustrasi perceraian/dwdignity.com
Relationship

Masalah Finansial yang Menjadi Pemicu Perpisahan Pasangan

Mia Chitra Dinisari
Senin, 17 Juni 2019 - 12:37
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masalah pengkhianatan dan keuangan biasanya menjadi faktor yang paling banyak memicu perceraian suami istri.

Iya, tanpa kejujuran dan komunikasi memang hubungan akan sulit dipertahankan. Termasuk juga masalah ekonomi yang sering menimbulkan percekcokan antara pasangan, yang ujungya berakhir perpisahan.

Masalah ekonomi bisa menjadi penyebab kehancuran suatu hubungan. Karena itu sukses atau tidaknya masalah keuangan dalam sebuah rumah tangga tergantung pada pasangan bagaimana mereka menangani keuangan. Berikut beberapa kesalahan tertentu yang dilakukan pasangan tentang keuangan.

1. Memisahkan Akunnya Secara Terpisah

Beberapa pasangan berpikir cara terbaik untuk menghindari pertengkaran finansial adalah dengan menyimpan rekening bank terpisah. Gaji datang ke akun masing-masing pasangan dan tidak memiliki kebingungan. Mereka membayar tagihan secara terpisah dan merencanakannya. Ini salah. Itu tidak membantu tetapi menciptakan dasar untuk masalah keuangan.

2. Ketidaksepakatan Tentang Gaya Hidup

Sering kali sepasang suami istri berjuang untuk mendapatkan uang karena gaya hidup mereka. Katakan saja Anda hanya pergi berbelanja ketika Anda perlu memperbarui koleksi Anda, tetapi pasangan Anda suka membeli barang-barang bermerek dan dengan harga penuh. Ini akan menciptakan masalah keuangan serta menciptakan keretakan antara Anda dan pasangan. Jika Anda memiliki penghasilan yang tidak membenarkan kebutuhan Anda akan rasa mahal, maka Anda dan pasangan Anda akan jatuh ke dalam kesulitan keuangan.

3. Kepribadian dan Ideologi yang Berbeda

Pasangan yang memiliki kepribadian dan ideologi berbeda masuk ke dalam bagian masalah keuangan. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda, dan kebanyakan berlawanan cenderung menarik. Di sini kemungkinannya, salah satu dari Anda suka bekerja angka atau kutu buku dan yang lain lebih suka tidak terikat oleh apa angka mandi adalah semangat bebas.

Salah satu dari Anda akan menjadi orang yang menghemat uang dan yang lainnya akan menjadi orang yang menghabiskan. Meskipun ini dapat menyebabkan beberapa masalah perkawinan, itu belum tentu merupakan masalah sebenarnya. Sumber masalahnya adalah kapan pun salah satu dari Anda lalai mendengarkan masukan dari orang lain atas masalah keuangan yang kecil. Gangguan juga terjadi ketika seseorang tidak berurusan dengan masalah keuangan dan yang lainnya terus-menerus merapikannya.

4. Perbedaan Gaji 

Ketika Anda dan pasangan berbagi perbedaan dalam remunerasi Anda, Anda membiarkan celah uang datang di antara Anda berdua. Kecemburuan dan sikap menjadi hijau muncul dalam gambaran. Kesenjangan ini adalah yang membawa perbedaan dalam pikiran dan menciptakan kekosongan dalam hubungan.

5. Ketidaksetiaan Finansial

Jika Anda menipu pasangan Anda dengan keuangan, itu membawa banyak tekanan. Tidak setia kepada pasangan Anda tidak selalu berarti Anda berselingkuh. Terkadang adalah saat Anda tidak setia memiliki visi keuangan bersama. Ini terjadi ketika Anda membuka rekening bank samping atau mulai menyimpan uang tunai Anda di tempat lain. Itu curang dan menipu. Sebuah contoh untuk memberikan pandangan yang lebih baik adalah ketika Anda memiliki kartu kredit dan pasangan Anda tidak tahu tentang itu.

6. Hilangnya harapan

Ini adalah salah satu pembagi utama antara pasangan dan keuangan. Saat itulah mereka belum memenuhi harapan. Cara termudah untuk merasa tidak terpenuhi dan tidak puas dengan pasangan Anda dan tujuan keuangan bersama adalah ketika salah satu dari Anda mulai mengharapkan sesuatu berjalan pada jalur tertentu, tetapi ternyata tidak. Jika Anda selalu berpikir untuk memiliki rumah segera setelah menikah, Anda mungkin merasa kecewa ketika Anda merayakan ulang tahun pertama Anda di rumah sewaan. Jangan biarkan harapan Anda membuka jalan bagi masalah dalam hubungan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro