ASIRI: Musik Digital Dukung Kemajuan Industri Musik Tanah Air

Kehadiran platform musik digital dinilai membawa berkah bagi industri musik Tanah Air. General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Braniko Indhyar mengatakan bahwa arah perkembangan industri musik Indonesia sudah mengarah pada industri digital.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  14:56 WIB
ASIRI: Musik Digital Dukung Kemajuan Industri Musik Tanah Air
Ilustrasi musik -

Bisnis.com, JAKARTA--Kehadiran platform musik digital dinilai membawa berkah bagi industri musik Tanah Air. General Manager Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) Braniko Indhyar mengatakan bahwa arah perkembangan industri musik Indonesia sudah mengarah pada industri digital. 

Dia mengatakan bahwa ASIRI memandang perkembangan musik digital sebagai langkah penting untuk menciptakan industri musik Indonesia yang makin maju, modern, dan lebih dikenal secara internasional.

“Perubahan pasti ada ya, mulai dari tata kelola industri dan regulasi, misalnya bagimana mengatur mekanisme distribusi lagu dan musik ke platform digital,” kata Braniko. Kehadiran platform musik digital juga mengubah mekanisme perhitungan revenue antara label dan platform musik tersebut.

Dia menilai bahwa sampai saat ini kehadiran platform musik digital justru sangat mendukung kemajuan industri musik. Bagi produser rekaman atau label lokal, kekuatan branding dari platform besar tersebut turut mempromosikan dan memasarkan karya rekaman secara lebih luas. 

“Selain memudahkan promosi, tingkat kepercayaan penikmat musik juga sudah besar terhadap merek platform tersebut sehingga mereka tidak ragu mendengar musik via media tersebut,” ujarnya lagi.

Menurutnya, sinergi antara label dan platform streaming telah terjalin dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari lagu-lagu Indonesia yang tersedia di platform tersebut. Baginya, di era digital pemilik konten dan platform digital memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang kedua pihak memiliki kepentingan dan keuntungannya masing-masing. 

Kehadiran platform musik digital pada umumnya membuka kesempatan bagi musisi indie untuk melebarkan sayap. “Bicara soal persaingan label dengan indie, masing-masing memiliki pasarnya sendiri, jadi tidak bisa dibandingkan,” katanya. Kehadiran platform digital dapat dimanfaatkan musisi indie untuk mempromosikan musik mereka agar lebih dikenal. Walau memang tidak menutup kemungkinan bahwa musisi indie dan label dapat bekerja sama.

Braniko menilai bahwa sejauh ini respons dari masyarakat terhadap kehadiran musik secara digital cukup baik. Hal ini dapat terjadi karena musik digital memudahkan pencinta musik untuk menikmati musik. Mereka hanya perlu mengunduh salah satu platform yang paling cocok baginya melalui gawai, musik pun dapat didengar kapan saja dan di mana saja.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
musisi

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top