Anak Sakit/boldsky.com
Health

Anak Demam Setelah Bermain di Luar? Begini Cara Mengatasinya

Tika Anggreni Purba
Selasa, 25 Juni 2019 - 14:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Para orang tua biasanya enggan mengizinkan anak bermain di luar ruangan karena takut anak sakit. Apalagi ketika cuaca panas, anak sering kali menjadi demam setelah bermain di luar.

Faktanya, anak sering demam setelah bermain di luar ruangan sebenarnya disebabkan oleh kurang cairan atau dehidrasi. Ketika dehidrasi, suhu tubuh akan meningkat sehingga tubuh anak terasa panas.

“Kalau anak pulang ke rumah dalam keadaan demam, periksa dulu kira-kira dehidrasi atau tidak,” kata dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang Catharine M Sambo dari RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta. Hal ini penting untuk menentukan penanganan terbaik terhadap demam anak. Karena selain dehidrasi, infeksi virus juga dapat menyebabkan demam.

Nah, sekiranya anak demam karena kurang cairan, berikan dia minum air putih yang cukup untuk menurunkan demamnya. Biasanya, demam karena dehidrasi akan sembuh hanya dengan konsumsi air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairannya.

“Ya, berikan banyak minum dulu kalau memang karena dehidrasi,” ujarnya lagi.

Nah, apabila suhu tubuh anak belum turun juga, silakan kompres anak dengan air hangat untuk menurunkan suhu tubuhnya. Biasanya demam sejenis ini terjadi karena infeksi virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro