Para peserta Kulari ke Hutan bersiap mengawali rute lari di Pintu 4 Gelora Bung Karno, Jakarta (30/6)/Sumber : istimewa
Fashion

1.171 Pohon Diadopsi Dari Gelaran "Kulari ke Hutan”

Syaiful Millah
Minggu, 30 Juni 2019 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Komunitas Hutan Itu Indonesia sukses menggelar kegiatan bertajuk Kulari ke Hutan untuk ketiga kalinya, Minggu (30/6/2019), di kawasan Gelora Bung Kartno, Jakarta.

Acara tersebut merupakan kegiatan fun run yang dikombinasikan dengan aksi perlindungan hutan. Para pelari berkontribusi langsung menjaga hutan berdasarkan jarak yang ditempuh, yakni 5 kilometer untuk 1 adopsi pohon.

Adopsi pohon artinya mendonasikan sejumlah dana untuk penjagaan pohon yang sudah tumbuh puluhan hingga ratusan tahun di hutan. Pelaksanaannya dilakukan dengan melibatkan masyarakat yang tinggal di sekitar hutan untuk proses perawatan dan pelestarian, misalnya dengan patroli hutan dan lain sebagainya.

Tahun ini gelaran Kulari ke Hutan diikuti 619 pelari dari kategori umum dan anak. Sementara jumlah adopsi pohon secara keseluruhan mencapai 1.171 pohon.

Duta Besar Amerika Serikat Joseph R Donovan yang turut hadir dalam acara tersebut menyebut bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kampanye penting untuk pelestarian hutan Indonesia yang dilakukan dengan cara menarik.

“Menurut saya penting sekali meningkatkan awareness dan kecintaan kepada hutan. Ini acara yang bagus sekali dan saya harap dapat terus dilakukan dan diikuti semakin banyak orang,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (30/6/2019).

Selain berlari, kegiatan tersebut juga diramaikan penampilan para musisi seperti Tuan Tigabelas, Abugrey Lobubun, Thisi, Oji, dan Dinda.

Ada pula berbagai booth dari World Resource Institute (WIR) Indonesia, Greenpeace, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), World Wildlife Fun, dan pihak lainnya yang hadir meramaikan acara sekaligus memberi edukasi kepada peserta mengenai hutan dan lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro