Ilustrasi Diabetes Melitus/Istimewa
Health

Ini Fakta-Fakta Tentang Diabetes yang Perlu Anda Ketahui

Eva Rianti
Selasa, 2 Juli 2019 - 14:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Diabetes merupakan salah satu dari masalah kesehatan di dunia, tanpa terkecuali di Indonesia. Sampai saat ini, para ilmuwan terus menghadapi tantangan dalam menemukan obat untuk penyakit ini.

Sebagian besar dokter menyarankan pasiennya agar mengubah diet mereka untuk melawan penyakit tidak menular tersebut.

Dalam beberapa kasus, meskipun menggunakan insulin dengan benar untuk menurunkan gula darah, penderita diabetes masih merasakan efek buruk diabetes karena gagal mengonsumsi makanan yang tepat pada waktu yang tepat. Masalahnya adalah kadar gula darah mereka tetap tidak terkontrol.

Dilansir dari Medicaldaily, berikut ini beberapa pengetahuan yang perlu Anda ketahui seputar diabetes. Bisa jadi ini menjadi pengatahuan yang bisa bermanfaat bagi Anda dalam mengatasinya.

Anda Dapat Memutarbaliknya

Diabetes tipe 2 adalah bentuk diabetes yang paling umum yang diketahui tidak bisa disembuhkan. Namun, Anda dapat melakukan hal-hal untuk membalikkannya, bahkan memungkinkan Anda untuk berhenti minum obat guna menyeimbangkan kadar gula darah.

Studi menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat membantu mempertahankan kadar gula darah normal tanpa dukungan obat-obatan. Kehilangan lemak ekstra tersebut dapat membantu mengelola diabetes, terutama bagi pasien yang didiagnosis menderita penyakit ini selama beberapa tahun, mengutip informasi dari WebMD.

Berat Badan Bukan Faktor Utama

Kehilangan berat badan dapat membantu mengelola diabetes tipe 2, tetapi itu tidak berarti berat badan Anda dapat memainkan peran penting dalam perkembangan penyakit.

The American Diabetes Association mengatakan, kebanyakan orang yang kelebihan berat badan tidak pernah menderita diabetes tipe 2. Faktanya, sebagian besar pasien diabetes tipe 2 memiliki berat badan normal atau hanya kelebihan berat badan sedang.

Flossing Gigi Dapat Melindungi Anda

Merawat gigi dapat membantu Anda menghindari diabetes, menurut Diabetes Self-Management. Sebuah studi menunjukkan bahwa penyakit gusi dapat membuat seseorang berisiko lebih tinggi menderita penyakit tersebut, serta penyakit jantung dan ginjal.

Sementara, orang-orang dengan gusi yang sehat diketahui berisiko lebih rendah untuk memiliki salah satu dari penyakit-penyakit tersebut. Pasalanya, penyakit gusi bisa membahayakan pembuluh darah ke seluruh tubuh.

Kekuatan Cuka

Sejumlah penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa cuka dapat membantu menurunkan kadar gula darah saat puasa dan setelah makan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah membilas mulut Anda dengan air setelah meminumnya tetapi jangan menyikat gigi.

Tunggu setidaknya 20 menit karena menyikat terlalu cepat dapat menghilangkan enamel yang melindungi gigi Anda dari keasaman.

Stres Memainkan Peran Besar

Merasa sedikit stres itu baik untuk tubuh. Namun, terlalu banyak bisa memicu perkembangan diabetes.

Stres menyebabkan pelepasan lebih banyak hormon seperti kortisol, yang membuat tubuh Anda kebal terhadap insulin. Ini juga menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Eva Rianti
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro