Ilustrasi/Webmd
Fashion

Pertimbangkan Beberapa Hal Ini Sebelum Menitipkan Anak di Day Care

Tika Anggreni Purba
Selasa, 2 Juli 2019 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Orang tua yang bekerja biasanya mengharuskan mereka untuk menitipkan anak-anaknya ke orang lain atau di tempat penitipan anak (day care).

Agar anak tetap bertumbuh dan berkembang dengan optimal, orang tua harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memilih tempat penitipan anak.

Dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang Catharine M. Sambo dari RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta mengatakan bahwa anak sebaiknya dititipkan tempat penitipan anak yang dapat mendukung tumbuh kembangnya.

“Sebelum menitipkan anak ke day care, orang tua sebaiknya memahami sistemnya di tempat itu. Sebaiknya orang tua memanfaatkan trial untuk mengetahui kegiatan di day care tersebut setiap hari,” kata Chatarine belum lama ini.

Kedua, orang tua harus memastikan tempat penitipan anak tersebut memiliki standar yang aman untuk anak-anak. Pastikan orang tua juga mengenali situasi di day care, apakah banyak anak-anak yang sakit atau tidak. Hal ini terkait dengan anak-anak masih rentan terinfeksi virus dan bakteri sehingga dapat jatuh sakit.

“Orang tua juga perlu menanyakan jumlah anak yang dijaga di tempat itu, dan kegiatan sehari-harinya,” katanya lagi. Sebaiknya pilih day care yang sesuai dengan usia anak, sehingga kegiatannya akan disesuaikan dengan tumbuh kembang anak-anak tersebut.

Setiap anak dengan usianya masing-masing membutuhkan stimulasi, permainan, dan rangsangan yang berbeda untuk tumbuh kembangnya. Itulah sebabnya semuanya harus disesuaikan.

Walau anak dititipkan di day care, orang tua harus senantiasa membangun ikatan batin yang kuat dengan anak. Kedekatan emosional ini akan membantu anak untuk bertumbuh dan berkembang dengan baik. Cara membangun kedekatan dengan anak adalah dengan memberi waktu bagi anak untuk bermain dan beraktivitas bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro