Jahe merah/Istimewa
Health

Jahe Merah Bisa Hambat Penyakit Ginjal Kronis

Newswire
Rabu, 10 Juli 2019 - 07:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jahe merah bisa menjadi sebuah formula yang dapat digunakan sebagai agen penghambat penyakit ginjal kronis dengan faktor risiko hipertensi.

Itulah yang telah diolah oleh Tiga mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pengembangan formula yang diberi nama ZAHA tersebut dilakukan Nada Hanifah mahasiswa FKH UGM bersama Yusuf Farid Achmad (FKH UGM) dan Aida Humaira (Fakultas Farmasi UGM).

"Jahe merah mengandung sejumlah senyawa seperti gingerol, shogaol, flavonoid, serta aktivitas antioksidan yang tinggi dapat menghambat enzim penyebab vasokonstriksi dan menurunkan tekanan darah," kata Nada.

Di samping itu, kandungan antioksidan pada jahe merah juga menurunkan stres oksidatif sehingga menghambat kerusakan pada ginjal.

Ekstrak jahe merah diformulasikan dengan teknologi nanoemulsi untuk meningkatkan solubilitas, stabilitas, serta efektivitas dari ekstrak jahe merah.

Nada menjelaskan pengembangan ZAHA dilatarbelakangi keprihatinan terhadap penderita penyakit ginjal kronis. Penyakit ini merupakan penyakit yang timbul secara perlahan dan bersifat menahun.

Penyebab terbanyak kedua adalah hipertensi, yang pengaruhnya mencapai 25 persen. Sementara, peningkatan tekanan darah dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal bila tidak dideteksi secara dini dan mendapat pengobatan yang memadai.

Oleh sebab itu, ketiganya berupaya membuat sebuah formula dari bahan alam, yakni jahe merah sebagai bahan untuk pengobatan penyakit tersebut.

Jahe merah merupakan tanaman herbal yang telah dikenal dan dikonsumsi secara turun temurun oleh masyarakat.

"Hasil penelitian menunjukkan tingkat kerusakan ginjal yang terjadi pada model hewan tikus dapat dihambat serta penurunan tekanan darah yang signifikan dibandingkan kelompok perlakuan tanpa ZAHA," katanya.

Dia berharap hasil penelitian yang mereka lakukan dapat dikembangkan lebih lanjut dan dapat digunakan sebagai alternatif pengobatan penyakit ginjal kronis dengan faktor hipertensi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro