Anak mengenakan kacamata/Antara
Health

8 Kebiasaan Kecil yang Merusak Kesehatan Mata

Ria Theresia Situmorang
Kamis, 11 Juli 2019 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada hal yang sama sekali tidak bisa kita  kontrol saat kemampuan mata untuk melihat berubah.

Untuk beberapa orang, penglihatan bisa smemburuk setelah berusia lanjut, namun penyebab lainnya juga bisa dimulai dari kebiasaan sehari-sehari yang dapat menganggu penglihatan. 

Dikutip dari Times of India, berikut adalah delapan kebiasaan kecil yang dapat membuat penglihatan Anda terganggu.

1. Lupa memakai kacamata

Sebagai orang yang tinggal di negara tropis, kita selalu terpapar sinar matahari yang kadang membuat mata sakit. Memang, paparan sinar ultra violet bisa meningkatkan berbagai jenis penyakit mata termasuk katarak. Disarankan untuk selalu memakai kacamata dengan teknologi proteksi UV saat berada di luar ruangan. 

2. Memakai lensa kontak dalam waktu lama

Beberapa orang memakai lensa kontak sepanjang waktu bahkan saat waktu tidur, padahal menggunakan lensa kontak selama dua hari berturut-turut dapat menyebabkan infeksi pada mata. 

3. Terlau sering mengucek mata

Mengucek mata mungkin adalah salah satu kebiasaan yang dianggap sepele bagi banyak orang, namun dengan melakukan aktivitas tersebut menyebabkan bakteri dan kotoran bisa saja menyebar ke area sekitar mata. Mengucek mata terlalu sering bisa membuat mata kemerahan dan kadang berisiko memiliki masalah pada kornea. 

4. Menggunakan makeup lama

Menggunakan makeup yang sudah lama atau kedaluarsa ternyata bisa menggangu penglihatan. Makeup yang sudah lama dapat membuat iritasi pada mata, dan mengakibatkan infeksi dalam jangka panjang. Menurut para ahli, makeup mata seharusnya diganti sembilan bulan sekali. 

5. Merokok

Selain merusak paru dan gigi, merokok ternyata juga bersinggungan dengan penglihatan. Orang yang merokok memiliki risiko yang tinggi atas penyakit katarak dan degenerasi makular yang berhubungan dengan usia seseorang, sebuah penyakit yang membahayakan retina Anda.

Makular degenerasi ini adalah penyabab banyak orang kehilangan penglihatannya saat sudah menginjak usia di atas 50 tahun dan merokok meningkatkan risiko penyakit ini. 

6. Menatap smartphone sepanjang hari

Apakah mata Anda merasa lelah saat menatap layar handphone terlalu sering? Sebenarnya ada alasan dari hal tersebut. 

Cahaya yang berasal dari smartphone ternyata bisa membuat mata kita kering dan mengurangi produksi air mata. Hal ini bisa menyebabkan pandangan mata kabur dan tidak jelas. 

7. Tidak konsultasi dengan dokter mata

Kebanyakan orang hanya mengunjungi dokter mata, hanya ketika kita memiliki masalah yang serius, padahal sebenarnya pengecekan mata harus dilakukan berkala dan mulai dari usia dini untuk menghindari berbagai penyakit. Hal ini akan menghindarkan kita dari berbagai komplikasi yang berhubungan dengan mata. 

8. Menggunakan tetes mata tanpa anjuran dokter

Mata kemerahan memang lumrah didapati setelah merasa kecapaian atau kurang tidur, sehingga kadang kita hanya bisa mengobatinya dengan menggunakan tetes mata.  Namun ternyata, menggunakan tetes mata berbahaya bagi kesehatan mata sehingga sebenarnya tidak dianjurkan oleh dokter.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro