Pria botak/mirror.co.uk
Fashion

Atasi Kebotakan dengan Terapi Platelet Rich Plasma

JIBI
Jumat, 12 Juli 2019 - 06:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Terapi Platelet Rich Plasma atau PRP sedang heboh diperbincangkan publik. Pasalnya, terapi yang menggunakan plasma darah kaya trombosit ini dipercaya bisa mengatasi kebotakan melalui produk autolog dari tubuh sendiri. 

Caranya, plasma darah yang mengandung konsentrasi platelet atau trombosit yang cukup tinggi akan diambil. Kemudian konsentrat itu  disuntikkan ke kepala guna menumbuhkan rambut. Dalam waktu kurang lebih dua bulan, rambut pun akan kembali tumbuh. 

Dokter spesialis  penyakit kulit dan kelamin Endi Novianto mengatakan, terapi PRP di setiap rumah sakit atau klinik umumnya menggunakan alat yang sama.

Hanya saja, yang menentukan keberhasilannya adalah faktor-faktor pendukung, contohnya tenaga medis. Jadi, jika memutuskan melakukan terapi ini, perlu diperhatikan pengalaman dan latar belakang seperti apa yang dimiliki ahli.

“Pertama kita lihat, siapa yang menangani. Kalau dia dokter atau tenaga medis bersertifikasi, tentu ini adalah hal yang benar untuk melakukan treatment PRP,” kata Endi di acara klinik ketampanan Men/o/logi dari Zap Clinic di Jakarta pada Kamis (11/7/2019).

Selanjutnya, pilih klinik atau rumah sakit yang telah memiliki standar operasional prosedur atau SOP dan izin untuk melakukan terapi ini. Sebab, tidak sedikit klinik yang menyediakan PRP tanpa lisensi.

“Jangan tergiur dengan harga murah. Yang penting adalah kejelasan prosedur dari klinik atau rumah sakit mengenai terapi PRP agar mendapatkan hasil yang maksimal,” katanya.

Terakhir, Endi menggarisbawahi pentingnya melihat hasil pengambilan darah untuk PRP. Ia mengatakan bahwa sebelum terapi, seseorang akan diambil darahnya untuk pengecekan di laboratorium. Apabila hasil laboratorium menunjukkan PRP dengan nilai yang sama atau bahkan lebih dari jumlah darah, bisa dipastikan bahwa terapi di tempat tersebut kurang direkomendasikan.

“Jadi takaran PRP harusnya lebih rendah dibandingkan jumlah darah yang diambil. Calon pasien kadang suka terima jadi dan tidak memperhatikan ini. Padahal kalau PRP nilainya sama atau lebih tinggi, bisa jadi dicampur dengan yang lain sehingga bisa menimbulkan komplikasi kesehatan,” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro