Ilustrasi pernikahan./Reuters-Christian Hartmann
Relationship

3 Tips Keuangan bagi Pasangan yang Akan Menikah

Syaiful Millah
Minggu, 21 Juli 2019 - 04:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pernikahan merupakan momen penting dalam hidup manusia yang menjadi pintu awal memasuki kehidupan baru. Untuk itu, diperlukan berbagai kesiapan yang matang untuk menyukseskan momen tersebut.

Tak jauh dari urusan itu adalah perihal keuangan yang seringkali menjadi momok bagi sebagian orang. Financial Planner sekaligus Co-founder ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie mengatakan hal yang seringkali dilupakan saat merencanakan pernikahan adalah mempersiapkan diri untuk tahap kehidupan setelahnya.

“Mengatur keuangan memiliki peranan krusial dalam mewujudkan kelancaran menjalankan kehidupan baru mulai dari pernikahan hingga kehidupan berumah tangga. Itu juga sangat penting, jangan sampai habis semua,” katanya di Jakarta, Sabtu (20/7/2019).

Dia menjelaskan tiga hal yang perlu diperhatikan oleh para calon pengantin dalam mengatur keuangan agar tidak terjadi pembengkakan biaya dalam tahapan kehidupan berumah tangga.

Pertama, terbuka mengenai finansial. Menurutnya, sangat penting untuk salin terbuka dan menjalin komunikasi mengenai finansial terhadap pasangan.

“Calon pasangan sebaiknya jujur tentang kondisi keuangan saat ini kepada pasangan dan juga keluarga supaya bisa direncanakan dengan lebih baik pengelolaannya ke depan,” imbuhnya.

Kedua, menyepakati metode pengaturan keuangan. Prita mengungkapkan sebelum mulai merencanakan pernikahan hingga kehidupan rumah tangga, sepakati dahulu metode pengaturan keuangan yang akan diterapkan.

Misalnya, siapa yang akan menjadi manajer keuangan dan apa saja yang menjadi sumber pendapatan mereka. Dia menambahkan bahwa setiap keluarga memiliki metode pengaturan keuangan yang berbeda-beda.

Ketiga, rancang rencana keuangan bersama. Melanjutkan tips sebelumnya, perencanaan bersama sangat penting agar terjalin komitmen serta prioritas tujuan keuangan yang ingin diwujudkan bersama-sama.

“Dengan merancang rencana keuangan bersama akan terbangun visi yang sejalan dan menghindari terjadinya pembengkakan biaya. Ini sangat penting karena kalau terjadi akan sangat berpengaruh ke berbagai hal lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro