Bendera China di luar gedung People's Bankf of China./Reuters
Entertainment

China Larang Industri Filmnya Berpartisipasi di Golden Horse Awards Taiwan

Reni Lestari
Rabu, 7 Agustus 2019 - 16:49
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Regulator film China mengatakan pihaknya melarang industri film dalam negeri untuk berpartisipasi dalam Golden Horse Awards Taiwan, tanpa memberi alasan. China Film News, sebuah majalah yang diterbitkan oleh Administrasi Film China, membuat pengumuman di akun resmi WeChat.

"Administrasi Film China mengatakan bahwa mereka akan menangguhkan film-film dalam negeri untuk berpartisipasi dalam Golden Horse Awards tahun ini," katanya seperti dilansir Reuters, Rabu (7/8/2019).

Langkah ini muncul setelah hajatan film tahunan bagi negara berbahasa China termasuk Taiwan dan Hong Kong, pada tahun lalu, menjadi ajang mempertanyakan kemerdekaan Taiwan. Hal ini kemudian memicu perdebatan antara para aktor Taiwan dan China serta para netizen.

Hubungan antara Beijing dan Taiwan sejak itu menjadi lebih tegang, dengan China mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan berhenti mengeluarkan izin perjalanan individu untuk Taiwan kepada wisatawan China dalam menghadapi pukulan terhadap industri pariwisata Taiwan.

Beijing sebelumnya telah menggunakan panggung internasional untuk menegaskan klaim kedaulatannya atas Taiwan di tengah meningkatnya tekanan China, termasuk latihan militer. Taiwan berulang kali mengatakan langkah-langkah China itu bertujuan memanipulasi pemilihan presiden pada Januari.

"Insiden itu menunjukkan bahwa China menggunakan politik untuk mengganggu pertukaran budaya. Ini akan menimbulkan sentimen negatif di antara partai internasional dan lintas selat," kata Dewan Urusan Daratan Taiwan dalam sebuah pernyataan.

Dong Shu, seorang kritikus film yang berbasis di Shanghai, mengatakan penghargaan Golden Horse adalah platform yang baik untuk pertukaran film antara China, Taiwan dan Hong Kong.

"Tetapi beberapa orang di Taiwan harus mendapatkan konten yang sensitif secara politis di atasnya, hal-hal yang melintasi garis merah untuk China, sehingga sifat dari penghargaan ini telah diubah," kata Dong.

Golden Horse Awards didirikan pada 1962 dan dianggap sebagai salah satu penghargaan paling bergengsi di industri film berbahasa China, dengan pengiriman sebagian besar datang dari daratan Cina, Hong Kong dan Taiwan.

Film Tiongkok “Dying to Survive” menang dan dinominasikan dalam 7 kategori penghargaan tahun lalu, sementara sutradara China, Zhang Yimou memenangkan sutradara terbaik untuk film periodenya “Shadow”.

Taiwan memerintah sendiri dan memiliki kepemimpinan yang dipilih secara demokratis tetapi China mengklaim pulau itu sebagai provinsi yang memisahkan diri dan belum mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk memastikan penyatuan.

Pertanyaan kemerdekaan formal Taiwan adalah salah satu masalah politik Beijing yang paling sensitif.

Regulator konten China juga telah mengambil sikap ekstra hati-hati atas industri medianya sendiri menjelang peringatan 70 tahun pendirian Republik Rakyat pada 1 Oktober, menarik beberapa film laris dan melarang "hiburan yang didorong" sejarah. drama dan drama idola.

Laporan penskorsan dengan cepat menjadi trending topic di Weibo China, sebuah layanan microblogging mirip Twitter, dengan satu tagar terkait menerima lebih dari 68 juta tampilan pada Rabu pagi.

"Taiwan menjadikan penghargaan ini sebagai langkah politis pertama, bukankah kita memiliki hak untuk membalas?” Kata seorang komentator Weibo.

Yang lain menyatakan kekecewaannya atas keputusan tersebut.

"Di samping politik, ini adalah situasi kalah-kalah. Tidak ada penghargaan yang adil dan tidak dapat ditandingi di daratan Tiongkok, sungguh disayangkan! "Kata komentator lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro