Health

Mandi Air Hangat Tingkatkan Kualitas Tidur

Tika Anggreni Purba
Kamis, 8 Agustus 2019 - 10:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apakah Anda mengalami kesulitan untuk tidur? Penelitian terbaru menunjukkan bahwa berendam di air hangat sebelum tidur dapat membuat Anda lebih mudah tertidur nyenyak.

Mandi dengan air hangat sebelum tidur juga dapat memperpanjang durasi tidur Anda. Selain itu efeknya juga berdampak pada peningkatan kualitas tidur. Hal ini disampaikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Shahab Haghayegh dari University of Texas di Austin, Amerika Serikat 2019.

Mandi air hangat dapat memperbaiki kualitas tidur karena terkait dengan suhu tubuh. Sekitar 1-2 jam sebelum jadwal tidur, suhu tubuh manusia secara alami akan menurun. “Mandi air hangat dapat mendorong penurunan suhu tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah dari bagian dalam tubuh ke luar,” ujar Haghayegh.

Menurutnya, suhu air hangat memegang peranan penting untuk kualitas tidur seseorang. Air yang digunakan untuk mandi sebaiknya hangat, tidak terlalu panas atau terlalu dingin. "Sebenarnya, mandi dengan air yang terlalu dingin atau terlalu panas dapat memiliki efek yang berlawanan dari yang diinginkan, menyebabkan peningkatan suhu tubuh inti sehingga terjadi gangguan tidur,” katanya lagi. Nah, efek pendinginan suhu tubuh inti dan suhu otak yang terjadi merupakan isyarat pengantar tidur ditunggu otak.

Pengaturan waktu juga penting. Waktu mandi yang optimal untuk pendinginan suhu inti tubuh untuk meningkatkan kualitas tidur dan membantu tidur lebih cepat adalah sekitar satu hingga dua jam sebelum tidur. Mandi air hangat disarankan selama 10 menit agar berdampak positif pada tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro