Ilustrasi obesitas/Istimewa
Health

Olahraga Apa yang Tepat Untuk Mengelola Obesitas?

Syaiful Millah
Kamis, 8 Agustus 2019 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kita barangkali sering mendapat nasihat untuk memperbanyak olahraga dan mengurangi konsumsi makanan ketika bertanya mengenai cara agar berat badan tidak naik. Akan tetapi, olahraga seperti apa kiranya yang tepat dilakukan?

Dilansir dari Healthline, Kamis (8/8/2019) sebuah penelitian terbaru di China yang diterbitkan dalam jurnal Public Library of Science (PLOS) Genetics mengidentifikasi lima jenis latihan yang paling efektif terkait hal tersebut.

Hasilnya, menunjukkan bahwa jogging secara teratur merupakan jenis olahraga terbaik untuk mengelola obesitas dan menghindari kenaikan berat badan. Adapun, empat latihan lainnya adalah naik gunung, berjalan, jenis tarian tertentu, dan latihan yoga yang panjang.

Para peneliti mencapai kesimpulan ini setelah meminta 18.242 orang dewasa berusia 30 tahun hingga 70 tahun untuk mencatat rutinitas latihan mereka. Selanjutnya, para peneliti juga membandingkan catata latihan dengan genetika individu.

Tidak seperti studi lainnya, para peneliti juga menggunakan lima langkah berbeda terkait obesitas, termasuk indeks massa tubuh, presentase lemak tubuh, dan rasio pinggang-pinggul untuk mementukan latihan mana yang paling efektif.

Meskipun ada kemungkinan temuan ini bisa jadi tidak dapat menggambarkan beberapa kelompok atau etsnis tertentu, tetapi hal mendasar yang ingin disampaikan adalah menjaga kegiatan tetap aktif dapat membantu mencegah obesitas.

Sementara itu, penelitian yang sama juga menunjukkan empat latihan yang terbukti kurang efektif untuk mengurangi berat badan adalah bersepeda, stretching, berenang, tari modern menggunakan video gim atau yang dikenal dengan dance revolution.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro