Fashion

Pameran Warisan 2019 Targetkan Transaksi Rp20 Miliar

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 14 Agustus 2019 - 17:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran Wasiat Agung Negeri Nusantara (WARISAN) akan kembali digelar tahun ini pada 22-25 Agustus 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan.

Pameran eksklusif yang akan dilaksanakan untuk ke empat kalinya. Pada tahun ke empat penyelenggaraannya kali ini mengangkat tema “Citra Bahtera Nusantara”. Menampilkan 3 wasiat Indonesia, yaitu Batik, Tenun & Mutiara.

Tahun ini Pameran Warisan menampilkan kurang lebih 130 stand dengan produk Batik, Tenun & Mutiara yang berkelas dan bergaransi serta dijamin keasliannya. Batik yang akan ditampilkan hanyalah batik dari hasil penggunaan malam panas 100% dengan aplikasi Batik Tulis, Batik Cap atau Batik Kombinasi (Tulis dan Cap).

Menghadirkan pula hasil karya Tenun NTT yang terkenal serta Tenun songket yang mewah dari Palembang. Tidak lupa juga hanya Mutiara Air Laut Indonesia yang akan dihadirkan pada pameran ini yang asli dan tersertifikasi.

Produk yang akan dipamerkan di Pameran WARISAN akan melalui proses kurasi yang dilakukan oleh tim kurator yang terdiri dari Komarudin Kudiya (Kurator Batik), Romi Oktabirawa (Kurator Batik), Dudung Alie Syahbana (Kurator Batik), Zainal Arifin (Kurator Tenun), dan Ratna Zhuhry (Kurator Mutiara)

Umi Noor Wijiati Direktur PT. Mediatama Binakreasi Pameran WARISAN tahun ini menargetkan transaksi ritel sebesar 20 Miliiar Rupiah dengan 10.000 orang pengunjung. Adapun tahun lalu nilai transaksi mencapai Rp12.37 miliar dengan jumlah penduduk sebesar 6.000an orang.

Pameran yang rencananya akan diresmikan oleh Ketua Dekranas, Ibu Mufidah Jusuf Kalla ini diharapkan menjadi ajang promosi bagi para perajin dan pengusaha Batik, Tenun & Mutiara eksklusif di Nusantara, dengan menyuguhkan pelayanan prima baik untuk peserta maupun pengunjung. menjamin keaslian dan kemurnian Batik, Tenun & Mutiara Indonesia serta membantu kelangsungan seni Batik, Tenun & Mutiara dari sisi bisnis.

Melanjutkan kesuksesan Pameran WARISAN sebelumnya, tahun ini akan diramaikan program acara pertunjukan musik tradisional, kuis tebak keaslian BAHTERA (Batik, Tenun & Mutiara) dengan total hadiah jutaan rupiah, serta Warisan Award.

Yang berbeda pada pelaksanaan Pameran WARISAN tahun ini, sebagai bentuk kepedulian terhadap pelestarian Wastra Indonesia kepada generasi muda, dengan mengadakan program Workshop dan Kompetisi Draperi yang akan melibatkan siswa/i SMK Negeri jurusan Tata Busana di DKI Jakarta.

Penyelenggaraan Pameran WARISAN tahun ini menargetkan transaksi ritel sebesar 20 Miliyar Rupiah dengan 10.000 orang pengunjung.

Pameran WARISAN GRATIS masuk bagi pengunjung yang memakai busana Batik / Tenun / Mutiara serta bagi pemegang Undangan Khusus. Selain itu, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk seharga Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah).

Wasiat adalah suatu tradisi yang mengakar dalam sejarah. Penulisan wasiat tidak hanya sekedar bermakna penyampaian pesan tetapi juga sebagai penghubung lintas generasi dan peralihan peradaban.

Secara khusus Pameran WARISAN bertujuan untuk menjaga seni dan budaya bangsa juga sebagai apresiasi kepada Pembatik, Penenun, Pemerhati, Pengrajin dan Pengusaha Batik, Tenun & Mutiara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro