Film Gundala/Dok. Bumilangit
Entertainment

Tujuh Lagu Buatan Fans Dijadikan Soundtrack Film Gundala

Akbar Evandio
Rabu, 14 Agustus 2019 - 07:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Film Gundala telah memilih tujuh lagu dari 300 lebih submisi #GundalaSongTribute. Lagu-lagu tersebut diciptakan oleh fans untuk mendukung perilisan film yang akan tayang pada 29 Agustus 2019.

Melalui keterangan resmi yang diterima bisnis, nantinya lagu-lagu ini akan masuk di end credits film. Lagu-lagu ini juga dirilis sebagai original soundtrack yang didistribusikan oleh Warner Music Indonesia, setelah sebelumnya sudah diatur perizinannya dengan musisi yang terkait. Sampai hari ini, sudah dua lagu diluncurkan secara digital.

Pertama, adalah “Hail Gundala” lagu dari Glosalia band rock asal Cicadas, Bandung. Kedua, ada kolaborasi hip hop asal Yogyakarta GNTZ (Jogja Hip Hop Foundation), Mario Zwinkle, dan GHEZA DAMAR. Lima lagu lainnya akan menyusul diterbitkan di berbagai platform digital.

Mereka adalah Compadres dengan lagu “Patriot Zaman”, Dokudokuroro - “Putra Petir”, Dani Irjayana membuat lagu “Holy Road”, Diki Satria “Gundala”, dan Ray Aliputera - “Sancaka”.

Ketujuh lagu ini dipilih langsung oleh sutradara Joko Anwar setelah semuanya mengunggah karya mereka ke media sosial dan menggunakan hashtag #GundalaSongTribute.

Joko Anwar menyampaikan kekagumannya akan fans yang telah berpartisipasi menyumbangkan lagu, ia mengatakan bahwa dirinya dan seluruh tim Gundala sangat terharu, tidak menyangka antusiasme dan dukungan publik, termasuk dari para seniman sangat besar untuk Gundala.

Adapun Fan art penggemar yang masuk saat ini mencapai 2500 dengan lagu yang masuk mencapai angka lebih dari 300 lagu.

“Kami senang karena memang dari awal Gundala dimaksudkan untuk jadi film yang milik penonton juga. Karena kami buat untuk rakyat Indonesia. Semoga bisa jadi kebanggaan bukan saja pembuat tapi penonton” ujarnya lewat keterangan resmi, Selasa, (13/8/2019).

“Tadinya konsep film Gundala adalah all music scoring. Dimana tidak ada lagu. Akan tetapi karena udah banyak yang bikin, kami ingin antusiasme ini tetap diingat sampai kapan pun. Jadinya dimasukkan ke film sebagai pengingat,” ucapnya.

Mengenai pemilihan tujuh lagu yang dipilih secara khusus, Joko memberi tahu prosesnya yang cukup menarik. Dimana pertama yang dicari ialah lagu yang menggambarkan semangat yang sama dengan cerita filmnya dan semua karya yang menurutnya bagus. Jadinya sangat sulit untuk menentukan siapa yang masuk.

“Keberagaman genre juga jadi pertimbangan. Sebenarnya banyak sekali yang bisa masuk tapi karena keterbatasan durasi (dimasukkan ke end titles), jadi nggak semua bisa. Tadinya mau dipilih 3 lagu saja. Tapi akhirnya diputuskan 7 lagu,” ujarnya.

Semua lagu tersebut akan dirilis dalam format album pada tanggal 23 Agustus di digital platform seperti Spotify, Joox, Apple Music dan lain-lain. Beragam genre dipilih dari berbagai submisi yang sudah masuk. Khusus untuk Spotify, Pre-save album soundtrack Gundala di Spotify.

Selain musik dari musisi independen yang juga merupakan fans Gundala, ada juga Kotak yang dipilih oleh Warner Music Indonesia karena dianggap cocok untuk meramaikan Gundala.

Bumilangit Studios, Screenplay Films bekerja sama dengan Legacy Pictures dan Ideosource Entertainment siap merilis Gundala, jagoan kebanggaan Indonesia yang ditulis skenarionya dan disutradarai oleh Joko Anwar. Gundala, karakter komik yang diciptakan oleh Hasmi akan menyapa penonton Indonesia pada 29 Agustus 2019.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro