Ilustrasi/Babypost
Health

Waspada Penggunaan Baby Walker Untuk Latih si Kecil Berjalan

Syaiful Millah
Kamis, 15 Agustus 2019 - 13:12
Bagikan

Bisnis.,com JAKARTA – Alat bantu jalan bagi bayi yang dikenal dengan baby walker seringkali menjadi pilihan orang tua agar si buah hati dapat berlatih dan segera bisa berjalan. Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak menjadi bumerang bagi anak.

Dokter spesialis fisik dan rehabilitasi Syarief Hasan Lutfie mengatakan penggunaan baby walker terlalu dini dapat menyebabkan pelemahan pada otot-otot bayi, khususnya pada bagian kaki hingga betis.

“Bayi itu sangat rentan mengalami masalah fisik karena struktur tubuhnya masih dalam tahapan perkembangan. Penggunaan baby walker justru bisa menyebabkan pelemahan otot sehingga meningkatkan risiko kecatatan di kaki,” katanya.

Selain itu, memaksakan bayi yang belum bisa berjalan dengan baik menggunakan baby walker dapat menyebabkan anak mengalami cara berjalan yang tidak normal.

Hal ini dikarenakan bayi terus berjalan secara sembarangan sementara kakinya belum mampu menumpu beban tubuh secara seimbang. Belum lagi, kebiasaan bayi yang berlatih jalan dengan cara jinjit bisa membentuk otot kaki yang tidak normal.

Oleh sebab itu, Syarief menyarankan agar orang tua menerapkan dan mendidik bayi untuk berjalan secara manual, yaitu dengan didampingi dan memegang anak untuk menjaga kestabilan tubuhnya. Hal ini juga tidak boleh dilakukan untuk jarak tempuh yang jauh, apabila bayi masih dalam tahap awal pembelajaran.

Baru setelah anak dirasa sudah bisa menapak dengan baik, mereka diizinkan menggunakan baby walker tadi, “Kalau mau pakai [baby walker] syaratnya si bayi sudah tegak dan kakinya kuat. Sekitar usia sembilan bulanan lah, jangan terlalu dini,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro