Pria berjenggot/Istimewa
Health

7 Manfaat Menumbuhkan Janggut untuk Kesehatan

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 27 Agustus 2019 - 07:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pria seringkali dilema ketika dihadapkan dengan keputusan untuk menumbuhkan janggut. Dari sisi penampilan, menumbuhkan jenggot sudah ketinggalan zaman, karena banyak orang yang lebih memilih tampilan yang bersih juga rapi.

Namun menumbuhkan janggut ternyata memiliki manfaatnya sendiri dari sisi kesehatan, berikut khasiatnya yang dirangkum Bisnis dari Star;

1. Menghindari bakteri infeksi

Por-pori Anda mendapatkan proteksi yang alami dari adanya bulu di daerah dagu, yang jika dicukur lama kelamaan akan meninggalkan berbagai macam bakteri di sekitarannya. Dengan menumbuhkan janggut, Anda akan memiliki lapisan anti bakteri yang membantu mencegah penyakit dan inflamasi pada kulit.


2. Membantu penderita asma dan alergi

Dikombinasikan dengan kumis dengan tatanan yang baik, janggut akan bermanfaat bagi Anda penderita asma dan alergi. Bulu-bulu tersebut bertugas menghalau debu, polutan dan jamur untuk masuk ke dalam mulut dan lubang hindung Anda.

3. Membantu mengurangi penyakit pada gusi

Dibantu dengan perawatan kumis yang baik, menumbuhkan janggut bisa mengurangi penyakit gusi yang disebabkan oleh bakteri yang masuk ke dalam mulut. Menumbuhkan janggut dapat menambah lapisan perlindungan terhadap gusi yang tidak dimiliki orang yang tidak menumnuhkan janggut.

4. Menjaga kelembaban kulit

Folikel rambut yang sering kita sebut sebagai bulu janggut menghasilkan minyak yang dapat mencegah kerusakan pada kulit seperti contohnya kulit terkelupas. Menumbuhkan janggut juga memiliki efek ganda yakni menjaga kulit Anda tetap terlihat sehat, terlepas dari cuaca suhu udara di sekitaran.

5. Menangkal dampak buruk dari sinar matahari

Menumbuhkan janggut menurut penelitian sama berkhasiatnya dengan mengaplikasikan sunscreen pada kulit. Memiliki janggut dapat menghindarkan Anda dari timbulnya garis atau bintik pada kulit akibat sinar matahari yang lama-kelamaan bisa menyebabkan kanker kulit.

6. Mencegah jerawat

Memelihara janggut ternyata dapat membantu mencegah jerawat pada pria. Meski tidak dapat terlihat langsung, namun besar kemungkinan kulit Anda akan semakin halus jika dilindungi oleh bulu janggut. Berbeda dengan pria yang rajin mencukur daerahnya dagunya, kemungkinan akan meninggalkan bakteri dan kotoran.

7. Mencegah penuaan dini

Penelitian di Yale University menyebut memelihara janggut juga dapat membuat kulit menjadi lebih hangat di musim dingin. Karena eratnya hubungan antara suhu udara yang rendah dengan kondisi kulit yang cepat mengerut dan menyebabkan penuaan dini, maka memelihara janggut adalah salah satu solusi menghindarinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro