Direktur Venice Film Festival Alberto Berbera
Entertainment

Kurang Keterlibatan Sutradara Perempuan, Venice Film Festival Tuai Kritik

Reni Lestari
Rabu, 28 Agustus 2019 - 12:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Festival film tertua di dunia dimulai di Venesia pada Rabu (28/8/2019), bertabur bintang Hollywood dan pembuat film papan atas dunia. Namun demikian, kurangnya keterlibatan sutradara wanita dan dimasukkannya nama kontroversial telah menuai kritik.

Festival ini sekarang dipandang sebagai titik awal kesuksesan insan perfilman dunia.
Film "La La Land", "Gravity" dan "Roma" yang tayang perdana di festival ini kemudian menang di Oscar.

Namun pada saat gerakan #metoo muncul, kehadiran hanya dua sutradara wanita di antara 21 dalam pencalonan untuk hadiah Golden Lion teratas dan dimasukkannya dalam kompetisi film terbaru Roman Polanski telah menimbulkan pertanyaan.

Polanski pada 1977 mengaku bersalah melakukan hubungan seks yang tidak sah dengan seorang gadis berusia 13 tahun di Los Angeles. Direktur Perancis-Polandia, melarikan diri dari Amerika Serikat karena khawatir kesepakatannya dengan jaksa penuntut akan ditolak dan dia akan mendapatkan hukuman penjara yang panjang. Dia sekarang tinggal di Eropa.

Sutradara peraih Oscar itu kemudian dikeluarkan dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences karena melanggar kode etik yang diadopsi pada 2018, menyusul ratusan tuduhan pelecehan seksual atau serangan terhadap tokoh-tokoh dalam industri hiburan.

"Saya bukan hakim, saya kritikus film. Ketika saya melihat film yang benar-benar bagus, saya tidak ragu untuk mengundang film itu ke festival," kata direktur festival Alberto Barbera, dilansir Reuters.

"Akan ada orang-orang yang tidak memiliki pendapat yang sama dengan saya, tetapi saya tidak terlalu peduli dalam arti bahwa saya suka film, satu-satunya kriteria yang dapat saya gunakan untuk memilih film adalah kualitas film, atau film itu sendiri, dan saya tidak berpikir bahwa ada masalah lain yang harus masuk ke dalam proses seleksi," jelasnya.

"American Skin" karya Nate Parker keluar dari kompetisi. Satu-satunya sutradara wanita yang bersaing adalah Haifaa Al-Mansour dengan "The Perfect Candidate" dan Shannon Murphy untuk "Babyteeth".

"Tentu saja ini masalah besar, saya sepenuhnya menyadari hal itu. Saya mencoba mencari lebih banyak pembuat film wanita untuk diundang ke festival," kata Barbera.

"Butuh waktu untuk mengisi kesenjangan gender. Kami tidak dalam posisi untuk memutuskan siapa yang harus mengarahkan film atau tidak, kami bukan produser. Saya yakin dalam beberapa tahun mendatang situasinya akan sangat berbeda," jelasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro