Ilustrasi demesia/usdoj.gov
Health

Alat Bantu Dengar Dapat Mengurangi Risiko Depresi dan Demensia

Syaiful Millah
Selasa, 10 September 2019 - 08:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Penggunaan alat bantu dengat dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk mendengarkan lebih baik. Selain itu, berdasarkan penelitian, alat bantu dengar juga dapat mengurangi risiko demensia, depresi, dan kecemasan.

Penelitian dari Universitas Michigan, Amerika Serikat menyatakan bahwa orang tua yang baru didiagnosis mengalami gangguan pendengaran lalu menggunakan alat bantu dengar memiliki risiko lebih rendah terhadap tiga hal tersebut selama 3 tahun pertama.

Penelitian yang dipublikasi dalam Journal of American Geriatrics Society itu juga mengungkap bahwa mereka memiliki tingkat kesempatan cedera karena jatuh yang lebih rendah dibandingkan orang lain yang tidak menggunakan alat bantu dengar.

“Orang tua yang menggunakan alat bantu dengar rata-rata lebih berpendidikan atau bersosialisasi lebih banyak. Ini juga salah satu faktor yang menyebabkan penurunan risiko demensia,” kata David Loughrey, psikologi spesialisasi pendengaran dan kognisi, seperti dikutip Healthline, Selasa (10/9/2019).

Studi ini menggunakan data 115.000 orang di atas 66 tahun dan mengalami gangguan pendengaran. Selanjutnya, tim peneliti melakukan pengecekan kesehatan mereka dalam rentang waktu tertentu.

Hasilnya, tim peneliti menemukan mereka yang menggunakan alat bantu dengar memiliki risiko lebih rendah 18% terkena demensia dan risiko lebih rendah 11% mendapat diagnosis depresi atau kecemasan,

Seperti diketahui bahwa umumnya, orang dengan gangguan pendengaran memiliki tingkat demensia, depresi, dan cederan jatuh yang secara signifikan lebih tinggi dibandingkan populasi umum.

“Kita sudah tahu bahwa orang dengan gangguan pendengaran memiliki lebih banyak peristiwa kesehatan yang merugikan, tetapi penelitian ini memungkinkan kita melihat efek dari intervensi dann mencari hubungan antara alat bantu dengar dan kesehatan,” kata Elham Mahmoudi, penulis utama penelitian ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro