Tambora Run Ajang Promosi Budaya

Sebanyak 4.500 pelari mengikuti ajang lari Tambora 5K yang digelar untuk membiasakan hidup sehat dan mempromosikan situs bersejarah di daerah Tambora, Jakarta Barat.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 12 September 2019  |  12:04 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 4.500 pelari mengikuti ajang lari Tambora 5K yang digelar untuk membiasakan hidup sehat dan mempromosikan situs bersejarah di daerah Tambora, Jakarta Barat.

Ajang yang juga dijadikan untuk mengembangkan perekonomian warga dengan wisata situs yang ada, digelar oleh Season City bekerjasama dengan Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

“Tambora Run 5K bertujuan untuk mempromosikan situs sejarah di kawasan Tambora. Wilayah Tambora, Jakarta Barat itu penuh sejarah dan ini bisa dikembangkan menjadi destinasi wisata Jakarta,” kata Camat Tambora, Bambang Sutarno.

“Tambora 5K digelar untuk pelajar dan umum dalam rangka Hari Olahraga Nasional,” kata General Manager Trade Mall Season City Mualim Wijoyo.

Tambora Run melewati beberapa situs sejarah di kawasan Tambora. Salah satunya adalah Masjid Langgar Tinggi di Pekojan.Masjid ini merupakan salah satu peninggalan sejarah Batavia lama dan menjadi cikal bakal penyebaran agama Islam di kawasan Tambora.

Selain Masjid Langgar Tinggi Pekojan, warisan budaya lainnya yang dapat ditemukan sepanjang rute Tambora Run adalah kelenteng tua dari masyarakat Tionghoa. 

“Dengan mengeksplor warisan budaya ini, kami ingin membantu pemerintah Jakarta Barat memperkenalkan pariwisata di Kecamatan Tambora. Kami berharap dengan dikenalnya situs-situs sejarah ini makin banyak orang yang datang berkunjung sehingga bisa meningkatkan perekonomian kawasan, “jelas Mualim.

Acara kali ini juga dihadiri oleh Sandiaga Uno dan Komunitas Jakarta Berlari. Juga kehadiran Walikota Jakarta Barat Rustam Effendi , Camat Tambora Bambang Sutarna, an Perwakilan dari Gubernur DKI Jakarta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
maraton

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top