Tips Supaya Kulit Tetap Sehat hingga Usia Senja

Walaupun penuaan terjadi secara perlahan, tanpa sadar sel-sel tubuh mulai menua.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 12 September 2019  |  14:34 WIB
Tips Supaya Kulit Tetap Sehat hingga Usia Senja
Kulit berminyak - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Walaupun penuaan terjadi secara perlahan, tanpa sadar sel-sel tubuh mulai menua.

Penuaan sudah terjadi sejak usia 20-an, dan pada usia 30-an tanda-tanda penuaan ini mulai terlihat. Pada proses itu, semua sel menua. Akan tetapi yang paling kentara adalah penuaan pada kulit, misalnya kulit mulai mengerut dan timbul masalah penuaan lainnya.

Pada masa tua atau masa golden age di atas 50 tahun, kulit manusia bisa mengalami berbagai masalah. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor risiko. 

Dokter spesialis kulit dan kelamin Susie Rendra mengatakan bahwa kulit orang berusia di atas 50 tahun biasanya dipengaruhi penyakit sistemik, konsumsi obat-obatan, merokok, kebiasaan mandi air panas, dan sebagainya. 

“Obat-obatan seperti obat hipertensi yang bersifat diuretik cenderung membuat kulit menjadi kering, kulit kering bisa membuat kulit gatal,” ujar dokter dari RS Pondok Indah-Puri Indah di Jakarta, Kamis (12/9/2019).

Orang yang terbiasa merokok juga bisa merugikan kulit di masa tua. Kandungan rokok menyebabkan penuaan terjadi lebih cepat. 

Perubahan kulit yang terjadi pada manusia ketika masa tua tiba ditandai dengan berkurangnya produksi keringat dan sebum, dinding pembuluh darah rapuh, dan berkurangnya jaringan lemak.

“Terjadi peningkatan risiko karena bertambahnya sensitivitas terhadap sinar UV,” ujar Susie.

Selain itu masa tua, kulit juga lebih mudah mengalami infeksi. 

Dikatakan, orang tua sering mengalami gangguan kulit seperti infeksi jamur candida, infeksi virus herpes zoster, tumor jinak kulit, dan tumor ganas kulit.

Susie mengatakan bahwa kondisi ini  bisa membaik apabila ditangani dengan sungguh-sungguh, seiring juga dengan penggunaan terapi topikal, dan terapi lainnya seperti laser, elektrokauter, dan pembedahan. 

Lalu, bagaimana caranya agar kulit tetap terjaga kesehatannya dalam proses penuaan? 

Susie merekomendasi perawatan kulit berikut ini: hindari mandi dengan air terlalu panas, gunakan sabun tanpa pewangi dengan kadar pelembap tinggi, hindari penggunaan sabun antiseptik, gunakan pelembab secara rutin, gunakan tabir surya secara rutin, kurangi makanan yang menimbulkan penuaan lebih cepat, bila perlu konsumsi antioksidan, dan jika terjadi gangguan segera berobat. 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kulit, penuaan

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top