Suasana malam pembukaan Festival Sketsa Indonesia Sketsaforia Urban di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (12/9)/Bisnis-Syaiful M
Entertainment

Festival Sketsa Indonesia Hadirkan 616 Karya di Galeri Nasional

Syaiful Millah
Kamis, 12 September 2019 - 21:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Galeri Nasional Indonesia bekerja sama dengan beberapa lembaga budaya dan komunitas menggelar Festival Sketsa Indonesia bertajuk Sketsaforia Urban.

Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto mengatakan kegiatan diselenggarakan untuk memperkenalkan lebih jauh tentang karya seni sketsa kepada masyarakat luas. Selain itu, festival ini juga diharapkan menjadi jembatan bagi para pelaku seniman dan komunitas dengan lembaga budaya.

“Festival ini diadakan supaya menjadi rumah bagi para sketcher yang ada di Indonesia. Diharapkan juga bisa mendorong kemajuan ekosistem karya seni sketsa sehingga bisa mengukuhkan eksistensinya,” katanya di Jakarta, Kamis (12/9/2019) malam.

Sementara itu, kurator festival Bambang Bujono mengatakan sketsa urban merupakan fenomena sosial sekaligus fenomena kesenian yang telah melahirkan komunitas skesta di berbagai belahan dunia, tak terkecuali di dalam negeri.

Menurutnya, keberadaan komunitas ini menjadi penting sebagai upaya yang dilakukan bersama-sama dalam hal berkesenian. Oleh sebab itu, penting juga diadakannya sebuah kegiatan yang bisa mengakomodir mereka sekaligus memperkenalkan karya seperti apa yang mereka buat.

“Karya-karya yang disuguhkan dalam acara ini juga menampilkan ragam karya sketsa yang terus mengalami perkembangan selayaknya seni yang lain,” katanya.

Festival Sketsa Indonesia bertajuk Sketsaforia Urban diselenggarakan di Galeri Nasional Indonesia sebagai tempat utama. Adapun, rangkaian festivalnya digelar di 11 kota seperti Medan, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Solo, dan lain-lain.

Khusus untuk pameran di Galeri Nasional Indonesia, ditampilkan 12 arsip dan 616 karya sketsa dengan beragam medium mulai dari kertas, kardus, hingga daun dari 122 pembuat sketsa (sketcher).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Miftahul Ulum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro