Gaji Tak Naik dan Tidak Dapat Promosi Jabatan? Ini Langkah yang Harus Anda Lakukan

Jenjang kenaikan karir, adalah hal yang selalu diharapkan seorang pegawai di tempat kerjanya. Karena dengan kenaikan karir, maka akan meningkatkan penghasilan serta tunjangan selain juga prestasi.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 September 2019  |  11:59 WIB
Gaji Tak Naik dan Tidak Dapat Promosi Jabatan? Ini Langkah yang Harus Anda Lakukan
Ilustrasi - Wisegeek

Bisnis.com, JAKARTA- Jenjang kenaikan karir, adalah hal yang selalu diharapkan seorang pegawai di tempat kerjanya. Karena dengan kenaikan karir, maka akan meningkatkan penghasilan serta tunjangan selain juga prestasi.

Tapi, terkadang banyak dari pegawai yang justru tidak mendapatkan kenaikan gaji atau promosi jabatan dalam waktu bertahun-tahun lamanya.

Padahal, dia melihat karyawan lainnya yang juga memiliki masa kerja yang sama atau bahkan jauh di bawahnya mendapatkan promosi jabatan dengan cepat.

Hal ini tentu membuat mereka bertanya-tanya apa yang salah dengan dirinya, dan jika dibiarkan akan menimbulkan persaingan tak sehat antar karyawan.

Jangan khawatir bagi Anda yang mengalami hal ini, ada beberapa langkah yang berani dan ambisius untuk meminta promosi dengan menunjukan Anda layak mendapatkan kenaikan gaji atau promosi jabatan.

Berikut 6 cara yang bisa Anda lakukan jika menghadapi masalah tersebut:

1. Biarkan Diri Sendiri Merasakan Perasaan

Jika Anda perlu waktu untuk kecewa dan mengeluh, itu bisa dimengerti. Perasaan Anda sah, dan sepenuhnya dapat dibenarkan. Tak mendapatkan kenaikan gaji atau promosi adalah mengecewakan. Dan, jika Anda harus wawancara untuk suatu posisi, itu juga memakan waktu. Beri diri Anda waktu untuk memproses semua emosi Anda. Beritahu teman, mungkin, dan biarkan orang itu mendengarkan ceritamu.

2. Nilai diri sendiri

Penilaian diri dapat membantu Anda memikirkan langkah selanjutnya: Jika Anda senang dengan jenis pekerjaan yang Anda lakukan, tetapi menginginkan lebih banyak uang, mungkin lebih masuk akal bagi Anda untuk beralih perusahaan.

Jika promosi mengharuskan Anda untuk memiliki keterampilan baru dan berbeda yang ingin Anda kembangkan, Anda mungkin mencari cara untuk menambahkan keterampilan. Akhirnya, cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang orang luar. Apakah Anda pantas mendapatkan promosi? Jika Anda melakukan pekerjaan yang ada dalam deskripsi pekerjaan Anda saat ini tetapi tidak melampaui  dari yang seharusnya, mungkin masuk akal mengapa Anda tidak dipromosikan. Dan, jika Anda bertanya dengan cara yang benar dan tidak memberikan alasan yang kuat mengapa Anda pantas mendapat promosi, itu mungkin merupakan petunjuk mengapa Anda tidak mendapatkannya.

3. Profesional di Tempat Kerja

Jika Anda ingin mengeluh, menangis, atau merengek, lakukanlah dengan teman dan keluarga Anda. Di tempat kerja, dan dalam percakapan dengan manajer Anda, lakukan yang terbaik untuk membuat semuanya tetap profesional. Jika Anda memiliki percakapan langsung dengan manajer tempat Anda mendengar berita itu, bersikap sopan dalam menanggapi. Anda mungkin ingin mengatakan, "Terima kasih telah mempertimbangkan saya." Situasi ini berpotensi canggung bagi semua orang, dan respons Anda yang anggun akan dihargai.

4. Minta Umpan Balik Dari Atasan

Cobalah menghubungi manajer Anda atau atasan lain yang terlibat dalam keputusan untuk melihat apakah mereka dapat memberikan umpan balik tentang mengapa Anda tidak mendapatkan promosi.

Cari tahu apa yang dapat Anda lakukan untuk membuat diri Anda memenuhi syarat untuk mendapatkannya di masa mendatang. Mungkin saja Anda hanya akan menerima kata-kata hampa yang tidak membantu sebagai tanggapan. Seringkali, orang tidak nyaman berbagi kritik. Tetapi, itu juga memungkinkan Anda akan mendapatkan wawasan yang dapat ditindaklanjuti. Mungkin Anda kehilangan keterampilan inti yang bisa Anda dapatkan melalui mengambil kelas atau menjadi sukarelawan untuk proyek baru. Atau mungkin pekerjaan Anda di satu bidang tertentu perlu ditingkatkan.

5. Tahan Keinginan untuk Membandingkan

Jika Anda tidak mendapatkan promosi dan rekannya melakukannya, akan sangat sulit untuk mengatasinya. Tolak desakan untuk membuat perbandingan dengan orang lain di sekitar Anda. Ini tidak akan membuat Anda semakin dekat dengan promosi dan akan membuat Anda tampak remeh jika Anda membawanya ke manajer Anda.

6. Rencanakan Strategi Karir

Apakah Anda merasa bahwa promosi mungkin ada di kartu untuk Anda di masa mendatang, atau apakah sepertinya Anda akan selalu dilewati di perusahaan ini? Jika yang terakhir, mungkin masuk akal untuk menyegarkan resume Anda dan memulai pencarian pekerjaan. Bahkan jika itu adalah yang pertama, Anda mungkin ingin membuat kerangka waktu untuk membuat perubahan yang akan membuat promosi lebih mungkin, kemudian tetapkan tanggal ketika Anda ingin bertemu dengan manajer Anda lagi dan buat permintaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top