Ilustrasi/ifranchise
Relationship

Hadapi Pikiran Intrusif dengan Pengendalian Emosi

Akbar Evandio
Senin, 16 September 2019 - 09:09
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Sebagian besar dari kita suka merasa terkendali, terutama ketika itu datang ke pikiran kita. Terkadang pikiran terkesan hilang ara. Seperti mendapati diri melamun tiba-tiba, mengikuti serangkaian pemikiran yang tidak ada hubungannya dengan tugas yang ada. 

Dilansir melalui laman psychologytoday, hal tersebut melibatkan hilangnya kontrol mental sementara. Itu terjadi pada kita semua berkali-kali sepanjang hari. Kita semua melakukan banyak pemikiran spontan yang tidak disengaja ketika sendirian, ketika berinteraksi dengan orang lain, ketika mencoba melakukan beberapa tugas penting, dan berbagai kasus lainnya.

David A. Clark, Profesor Emeritus, Departemen Psikologi, Universitas New Brunswick, Kanada mengatakan paling sering gangguan mental ini hanya sedikit mengganggu.

“Kami dengan cepat mengalihkan perhatian kami kembali ke tugas yang ada. Faktanya, pikiran berkeliaran, melamun, dan pikiran mengganggu yang menyenangkan bisa menyenangkan. Mereka dapat merasa seperti istirahat menyegarkan dari kerja keras mental dari kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

Tetapi, menurutnya, ada juga sisi gelap dari pemikiran spontan seperti pikiran intrusi yang dapat berubah menjadi buruk. Pemikiran intrusif mungkin berhubungan dengan konten yang mengganggu, menjijikkan, atau menyinggung.

“Ketika pikiran buruk yang mengganggu ini muncul di pikiran kita, mereka dapat mengambil alih, menyebabkan kesusahan pribadi yang besar. Bahkan, beberapa masalah kesehatan mental, seperti kecemasan, gangguan stres pasca-trauma, gangguan obsesif-kompulsif, rasa bersalah yang berlebihan, dan bahkan depresi dapat dipicu oleh pikiran intrusi negatif,” paparnya.

Pikiran Intrusif Negatif: Menghadapi Sisi Gelap

Tidak semua pemikiran spontan akan positif dan membantu. Terkadang pikiran dapat menjadi sangat negatif. Jika, anda memiliki pikiran imajinatif dengan banyak pemikiran spontan, mungkin anda berpotensi akan mengalami lebih banyak gangguan gelap dari pikiran negatif.

Jenis pikiran intrusif tertentu yang tidak diinginkan sangat menyusahkan: pikiran tentang menyebabkan kerugian pada diri sendiri atau orang lain; melakukan sesuatu yang menjijikkan secara moral; melakukan pelanggaran atau kesalahan lainnya; atau mengingat kesalahan masa lalu atau rasa malu, pengalaman rasa malu atau penghinaan, ancaman terhadap keselamatan atau keamanan pribadi, kehilangan atau trauma pribadi, dan daftarnya bisa berlanjut.

Praktis setiap pengalaman negatif atau ancaman yang dibayangkan dapat menjadi pemikiran negatif yang mengganggu. Banyak hal yang dapat memengaruhi pemikiran intrusif. Anda lebih mungkin memiliki gangguan mental negatif jika Anda melakukannya

Beberapa ciri anda berpotensi mengalami pemikiran intrusif adalah ketika, berada di bawah tekanan (stres); merasa tertekan, cemas, marah, atau bersalah; orang yang emosional dengan fluktuasi dalam perasaan; cenderung terlalu banyak berpikir; sering menghadapi kerugian atau ancaman yang signifikan dalam hidup; pernah mengalami trauma

Apa yang Harus Dilakukan Tentang Intrusif Negatif

Jika Anda telah mengalami gangguan mental yang menyusahkan selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengambil pendekatan yang berbeda untuk masalah tersebut.

Selama beberapa tahun terakhir, psikolog telah belajar banyak tentang pikiran mengganggu yang tidak diinginkan dan perlakuan mereka. Dalam beberapa posting blog berikutnya, kami akan mempertimbangkan beberapa strategi yang dapat mengurangi rasa sakit dari pemikiran negatif yang mengganggu dan meningkatkan kontrol mental.

Sementara itu, pertimbangkan tiga langkah yang penting dalam mengembangkan sikap yang berbeda terhadap intrusi negatif.

1. Terima bahwa pemikiran yang dirakan entah positif atau negatif, adalah cara berpikir yang normal dan alami. Anda tidak dapat menghentikan diri Anda memiliki pikiran. Begitulah cara otak kita bekerja.

2. Jika Anda sering dan terus-menerus berkutat pada probematika pikiran, pertimbangkan apakah salah satu faktor yang tercantum di atas bertanggung jawab atas lonjakan mereka. Jika beberapa faktor ini relevan, Anda dapat melakukan perubahan gaya hidup yang diperlukan dan/atau mencari bantuan profesional.

3. Tingkatkan peningkatan kondisi emosional Anda dapat membuat perbedaan besar dalam mengurangi pikiran negatif yang tidak diinginkan. Kita semua menghargai kontrol diri, tetapi ketika pikiran kita dihantui oleh gangguan yang tidak diinginkan, itu dapat membuat kita terguncang dan penuh dengan keraguan diri. Mempelajari cara yang lebih baik untuk menghadapi pikiran pelarian Anda adalah bagian penting dari pemulihan dari tekanan emosional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro