Bepergian dengan anjing. /CHEVROLET
Fashion

Memelihara Anjing Sehatkan Jantung

Tika Anggreni Purba
Selasa, 17 September 2019 - 13:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbahagialah Anda yang kini tengah memelihara peliharaan khususnya anjing.

Sebuah studi di Eropa Timur menyebutkan bahwa memiliki seekor anjing ternyata terkait dengan kesehatan jantung yang lebih baik.

Para peneliti melakukan pemeriksaan terhadap 1.700 orang dewasa berusia 25-64 tahun, dengan kualifikasi tidak memiliki penyakit jantung di Republik Ceko.

Dari seluruh peserta penelitian, sebanyak 42 persen memiliki hewan peliharaan dan lebih dari setengahnya memelihara anjing.

Selama 2 tahun penelitian 2013-2014, peneliti menemukan bahwa orang yang memelihara anjing cenderung lebih muda dibandingkan dengan orang yang tidak memelihara hewan peliharaan.

Pemilik anjing dinilai lebih aktif, memiliki kadar kolesterol dan gula darah yang lebih baik, dan lebih kecil kemungkinan menjadi gemuk. Artinya, pemilik anjing memiliki profil kesehatan kardiovaskular yang lebih baik daripada yang lain.

Pemilik hewan peliharaan lain seperti kucing atau kuda juga memiliki skor kesehatan kardiovaskular yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan. Namun, perbedaan ini menghilang setelah disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, dan tingkat pendidikan.

“Jika Anda berpikir untuk memelihara hewan peliharaan, memelihara anjing kemungkinan besar membantu Anda mendapatkan kesehatan jantung juga,” ujar dokter Jose Medina-Inojosa dari Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, Amerika Serikat.

Pemilik anjing melakukan lebih banyak aktivitas fisik dan cenderung memiliki kebiasaan olahraga teratur daripada mereka yang tidak memiliki anjing.

Hal ini juga sudah dicatat dalam jurnal American Heart Association (AHA) bahwa memiliki hewan peliharaan terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Medina-Inojosa mengatakan bahwa memiliki hewan peliharaan akan membuat seseorang merasa lebih sejahtera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Nancy Junita
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro