Peluncuran official trailer dan official poster film Perempuan Tanah Jahanam. JIBI/Bisnis/Akbar Evandio
Entertainment

Perempuan Tanah Jahanam, Inikah Film Horor Terseram Karya Joko Anwar?

Akbar Evandio
Selasa, 17 September 2019 - 07:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ivanhoe Pictures, CJ Entertainment, BASE Entertainment, dan RAPI Films, Logika Fantasi meluncurkan official trailer dan official poster film Perempuan Tanah Jahanam.

Sebulan menuju tayang pada 17 Oktober 2019, official trailer dan official poster memberi petunjuk dari peningkatan standar film horor terbaru dari Joko Anwar.

“Tak etis bila saya yang memberikan [standar film horror], jadinya aku kembalikan kepada penonton,” ujarnya kepada Media di Plaza Senayan, Jakarta, Senin, (16/9/2019).

Official trailer menampilkan dua sahabat Maya (Tara Basro) dan Dini (Marissa Anita) yang datang ke sebuah kampung dengan sebuah pertanyaan tentang keluarga.

Dalam video berdurasi 1 menit 46 detik tersebut diperlihatkan kemudian secara sekilas horor yang ditemui Maya dan Dini di sebuah daerah terpencil.

Berbagai karakter yang jadi ciri khas Joko Anwar dalam penyutradaraan terlihat seperti warna mencekam dan kamera yang bergerak pelan ataupun secara mengintip berusaha menyingkap misteri.

Selain Tara dan Marissa, muncul juga Asmara Abigail, Ario Bayu, dan Christine Hakim yang berada dalam posisi mencurigakan.

Di satu scene, Christine Hakim yang berperan sebagai Nyi Misni menyerukan, “Kamu, kesalahan yang harus aku hapus” menjadi penutup dari trailer.

Satu pernyataan yang juga menarik adalah sebuah teks bertuliskan, “Do You Really Know Your Family?”. Joko Anwar mengatakan kalau film Perempuan Tanah Jahanam bercerita tentang keluarga.

“Film ini adalah kontemplasi saya tentang fungsi anggota keluarga. Ibu, bapak, dan anak. Saya tulis film ini ketika sedang banyak pikiran tentang keluarga,” ungkapnya.

Perempuan Tanah Jahanam, Inikah Film Horor Terseram Karya Joko Anwar?

Peluncuran official trailer dan official poster film Perempuan Tanah Jahanam. JIBI/Bisnis/Akbar Evandio

Film Perempuan Tanah Jahanam mengisahkan tentang Maya, seorang wanita muda yang sedang mengalami nasib buruk. Setelah mengalami serangan mendadak, Maya mendapat informasi bahwa dia mungkin mendapatkan harta warisan di desa leluhurnya.

Dengan temannya Dini, ia kembali ke desa kelahirannya, dimana dirinya tidak menyadari bahwa masyarakat telah berusaha mencari dan membunuhnya karena suatu alasan.

Ketika dia mulai menemukan kenyataan rumit tentang masa lalunya, Maya menemukan dirinya dalam pertarungan untuk menyelamatkan hidupnya.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Joko Anwar, dan dipersiapkan sejak sepuluh tahun lalu. Baginya ini adalah sebuah karya yang personal.

“Secara langsung aku mengevaluasi tentang arti keluarga. Sejak lama ingin mewujudkan karya ini. Namun, kalau bikinnya zaman dulu pas selesai nulis [pada 2008], secara teknis belum kuat, jadi aku harus mematangkannya lagi,” terang Joko Anwar.

Dari apa yang terlihat di Official Trailer tampak bahwa secara teknikal film ini mempunyai tingkat keseruan yang berbeda, bahkan dari karya-karya Joko sebelumnya.

Film Perempuan Tanah Jahanam dibintangi oleh Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Christine Hakim, Asmara Abigail, Kiki Narendra, Tengku Rifnu, Zidni Hakim, Faradina Mufti, Abdurahman Arif, Mian Tiara, Eka Nusa Pertiwi, Aghniny Haque, Arswendy Bening Swara, Ramadhan Al Rasyid, dan Ical Tanjung.

Selain itu juga disertakan pemeran yang berasal dari kota-kota syuting dilakukan. Kebanyakan mereka adalah aktor baru yang diaudisi khusus untuk film ini. Syuting di desa-desa sekitar Malang, Gempol, Lumbang, Bromo, Lumajang, Ijen, dan Banyuwangi.

Menjelang penayangan film, Perempuan Tanah Jahanam juga bekerjasama dengan beberapa partner seperti Makaroni Ngehe, Ropang OTW, Sambal Brutal, dan lainnya untuk menciptakan Menu Rasa Jahanam. Menu-menu ini bisa dinikmati dalam rangka menyambut film.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro