Salah satu adegan pada film Kucumbu Tubuh Indahku/Youtube
Entertainment

PIALA OSCAR : Kucumbu Tubuh Indahku Wakili Indonesia di Academy Awards 2020

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 17 September 2019 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komite Seleksi Film Indonesia di bawah Persatuan Perusahaan Film Indonesia ditunjuk oleh panitia Academy Awards sebagai pelaksana Oscars International Feature Film Award. Komite diminta mengirimkan satu film Indonesia untuk diseleksi di ajang bergengsi film dunia tersebut. 

Total ada 42 film yang layak seleksi selama setahun terakhir dan komite telah merampungkan penyeleksian terhadap 3 film terbaik yakni Ave Maryam yang disutradarai Robby Ertanto, Kucumbu Tubuh Indahku karya Garin Nugroho, dan 27 Steps of May karya sutradara Ravi Bharwani.

"Setelah dilakukan penilaian dengan saksama, berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan, Indonesian Academy Awards 2019 menetapkan film berjudul Kucumbu Tubuh Indahku sebagai film pilihan dan berhak mewakili Indonesia ke Academy Awards Ke-92 untuk kategori International Feature Film,” kata Sheila Timothy, Sekretaris Komite Seleksi  Film Indonesia, dalam konferensi pers di XXI Lounge Plasa Senayan, Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Christine Hakim selaku Ketua Komite Seleksi Film Indonesia memaparkan, timnya sepakat memilih film Kucumbu Tubuh Indahku karena film yang dibintangi oleh Muhammad Khan tersebut merupakan sebuah karya film lengkap. 

"Film itu bukan hanya bahasa oral dan gambar saja, tapi ada bahasa batin dan rasa,” ujar Christine.

Lebih lanjut, aktris yang akan berperan dalam film Perempuan Tanah Jahanam tersebut menyebut adegan percintaan dalam film ini digambarkan tidak seperti biasa sebagaimana orang bercinta yang vulgar.

“Tapi justru dengan idiom-idiom, dalam budaya kita itu ada penari Lengger. Sekaligus ini memperkenalkan kayanya budaya kita. Jadi ini yang kita lihat lengkap di samping pesannya yang kuat, bicara tentang kemunafikan. Artinya orang yang membuat hukum itu justru melakukan lebih buruk lagi dan menganggap dunia ini milik sekelompok kecil saja, dan orang yang dianggap tak bermoral tidak boleh ada,” urai Christine.

Film Kucumbu Tubuh Indahku akan bertarung dengan film luar negeri lainnya di pagelaran Academy Awards kategori International Feature Film 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro