Pekerja memperlihatkan kacang mete di salah satu rumah industri kacang mete di Kecamatan Biring Kanaya, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (19/3/2019)./ANTARA-Arnas Padda
Health

Penelitian Buktikan Makan Kacang Cegah Berat Badan Naik

Newswire
Jumat, 27 September 2019 - 14:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dua studi klinis menunjukkan satu porsi kacang setiap hari dapat menahan berat badan ekstra yang cenderung menumpuk saat seseorang tumbuh dewasa.

Salah satu studi ini dipublikasikan dalam jurnal, BMJ Nutrition, Prevention & Health pada tahun 2018, seperti dilansir Medical Daily. Dalam studi, lebih dari 155.000 pria dan wanita di seluruh Amerika Serikat terlibat.

Analisis data memperlihatkan, mengonsumsi setidaknya setengah porsi kacang sehari berhubungan dengan pencegahan penambahan berat 0,74 kg atau berisiko 23 persen lebih rendah mendapatkan lima kilogram atau lebih dan risiko obesitas selama periode empat tahun.

Para peneliti menduga, mengunyah kacang membutuhkan banyak upaya, membuat orang lebih kecil kemungkinannya untuk makan apa pun. Tentu saja, kacang tinggi serat, yang meningkatkan rasa kenyang.

Kacang juga menunda pengosongan perut, sehingga menekan rasa lapar dan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, serat kacang lebih baik mengikat lemak di usus, yang menyebabkan lebih banyak kalori dikeluarkan.

Studi juga mengonfirmasi kacang-kacangan yang tinggi lemak tak jenuh membantu mengubah kalori menjadi energi dengan laju yang lebih cepat.

"Hasil studi kami menunjukkan peningkatan konsumsi total kacang-kacangan atau semua jenis kacang (termasuk kacang tanah) dikaitkan dengan berkurangnya penambahan berat badan jangka panjang," kata para peneliti.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro