Ginjal/thekidneysolution.com
Health

7 Tanda Ginjal Anda Bermasalah

Ria Theresia Situmorang
Senin, 30 September 2019 - 10:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ginjal adalah organ penting dalam tubuh yang bertugas membersihkan darah dan memilah 'sampah' dari dalam tubuh, sehingga fungsinya bisa berjalan dengan baik. 

Dengan bertambahnya usia, kerja ginjal semakin berkurang dan sebagian penyakit kronis lainnya bisa terdeteksi karena hal ini. Padahal, satu-satunya cara untuk memastikan ginjal dalam keadaan baik-baik saja hanyalah dengan memeriksakan diri ke dokter. 

Dikutip dari Times of India, berikut adalah pertanda ginjal Anda sedang tidak baik-baik saja

1. Tingginya tekanan darah

Ginjal dan pembuluh darah saling berhubungan. Simpelnya, tingginya tekanan darah dapat berdampak negatif pada ginjal Anda. Ketika pembuluh darah pada ginjal terganggu, ginjal tidak akan mampu lagi membersihkan kotoran dari darah. American Heart Association pun menyebutkan tingginya tekanan darah menjadi alasan kedua yang umumnya menyebabkan penyakit gagal ginjal. 

2. Sering atau jarang buang air kecil

Keseringan ataupun terlalu jarang buang air kecil juga bisa jadi pertanda Anda memiliki masalah pada ginjal. 

Ginjal pada umumnya bertugas membuang racun dan air dari aktivitas buang air kecil. Ketika penyaring pada ginjal bermasalah, bisa jadi hal tersebut menyebabkan seseorang menjadi keseringan buang air kecil. Pun, jika buang air kecil terlalu jarang bisa meningkatkan risiko masalah batu ginjal. 

3. Susah konsentrasi

Studi di Temple University menyebut jika seseorang mengalami masalah berkurangnya kemampuan konsentrasi atau mengingat sesuatu, hal ini bisa saja berhubungan dengan ginjal. 

Pelambatan fungsi ginjal dapat membuat sampah dalam tubuh menumpuk sehingga berpengaruh pada darah. Umumnya, orang dengan gejala ini akan mudah kecapaian, lemah dan sulit berkonsentrasi. Lebih parahnya, orang yang mengidap penyakit gagal ginjal dapat menyebabkan kepala pusing dalam jangka waktu yang lama.

4. Sakit tulang belakang dan kram otot

Jika Anda memiliki kecenderungan mengalami sakit pada tulang belakang, hal ini bisa jadi karena ginjal Anda sedang bermasalah. Umumnya penyakit batu ginjal selain ditandai dengan jarangnya buang air kecil, juga ditandai sakit pada bagian tulang belakang. Selain itu, ketidakseimbangan elektrolit juga bisa menyebabkan keseringan kram pada otot, termasuk karena kadar kalsium yang berkurang. 

5. Tangan dan kaki membengkak

Jika tangan dan kaki Anda sering bengkak, secepatnya Anda konsultasikan pada dokter. Gangguan pada fungsi hati dapat menyebabkan penumpukan sodium dalam tubuh. Selain mempengaruhi aktivitas buang air kecil, penumpukan sodium ini bisa membuat tangan dan kaki menjadi bengkak. 

6. Kencing darah

Ginjal yang sehat pada umumnya akan menghentikan aliran darah keluar dari proses penyaringannya, sehingga jika ginjal bermasalah seringkali darah mengalami kebocoran sehingga membuat darah keluar bersama urin. Darah yang terdapat pada urin ini bisa jadi salah satu dari penyakit batu ginjal, tumor atau infeksi. 

7. Tidur bermasalah

Jika ginjal tidak membersihkan racun dari badan secara benar, hal ini mungkin saja mengganggu tidur Anda.  Sleep apnea atau gangguan tidur dengan gejala seringkali berhenti bernapas saat beristirahat adalah gejala umum mereka yang mengalami penyakit ginjal kronis. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro