Keluarga Pasien Demensia Terbantu Dengan Program Perawatan Lewat Telepon

Pasien demensia dan anggota keluarga yang merawat mereka mungkin memiliki kualitas hidup yang lebih baik ketika mereka memiliki akses untuk menelepon dan mendapat dukungan online dari pelayanan kesehatan. Hal ini terungkap dalam hasil uji klinis dari University of California, Amerika Serikat.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 03 Oktober 2019  |  14:26 WIB
Keluarga Pasien Demensia Terbantu Dengan Program Perawatan Lewat Telepon
Ilustrasi demesia - usdoj.gov

Bisnis.com, JAKARTA—Pasien demensia dan anggota keluarga yang merawat mereka mungkin memiliki kualitas hidup yang lebih baik ketika mereka memiliki akses untuk menelepon dan mendapat dukungan online dari pelayanan kesehatan. Hal ini terungkap dalam hasil uji klinis dari University of California, Amerika Serikat.

Para peneliti menguji efektivitas program yang dikenal sebagai Care Ecosystem, yang menyediakan navigator pasien dan akses ke perawat, pekerja sosial, dan apoteker dengan check-in telepon reguler ke pengasuh pasien demensia.

Setelah satu tahun, pasien demensia dalam program Care Ecosystem memiliki kualitas hidup yang lebih baik, dan pengasuh mereka memiliki risiko depresi yang lebih rendah dibandingkan dengan kelompok kontrol yang hanya menerima perawatan biasa.

“Kami menunjukkan bahwa program perawatan demensia yang disampaikan melalui telepon dan web dapat meningkatkan hasil yang penting bagi penderita demensia dan orang yang merawat mereka,” kata Katherine Possin, di Memory and Aging Center di University of California, San Francisco, AS.

Dengan memberikan perawatan melalui telepon daripada secara langsung, Care Ecosystem menawarkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya karena ada kesenjangan geografis yang besar dalam ketersediaan spesialis demensia. “Selain itu banyak pasien demensia yang kesulitan meninggalkan rumah mereka," kata Possin.

Para peneliti secara acak meminta kepada 780 pasien dan pengasuh mereka yang tinggal di California, Iowa, dan Nebraska untuk bergabung dengan program Care Ecosystem.

Dalam penelitian ini, 512 pasangan pengasuh pasien yang ditugaskan di Care Ecosystem mendapat navigator tim perawatan - panduan perawatan demensia yang membantu pengasuh keluarga. Keluarga dapat menghubungi navigator sesering mungkin dengan pertanyaan atau masalah terkait demensia.

Navigator tim perawatan membantu pengasuh merencanakan dan mengatasi tantangan umum dalam merawat demensia seperti mengelola obat atau merencanakan kebutuhan perawatan di masa depan. Spesialis demensia termasuk perawat, pekerja sosial dan apoteker, juga bisa terlibat untuk kasus yang lebih rumit.

Selama intervensi selama setahun, rata-rata orang dalam program Care Ecosystem berbicara kepada navigator melalui telepon sekitar 15 kali. Hasilnya menambah bukti yang menunjukkan bahwa dukungan telepon dapat membuat hidup lebih mudah bagi pengasuh keluarga pasien demensia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Demensia

Editor : Mia Chitra Dinisari
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top