Joaquin Phoenix menghadiri premiere film Joker di Los Angeles, AS. Sumber: Reuters
Entertainment

Dari Badut Hingga Orang Gila Menakutkan, Sosok Joker Tak Lagi Jadi Tertawaan

Reni Lestari
Jumat, 4 Oktober 2019 - 15:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tidak ada jubah, tidak ada kekuatan khusus dan tidak ada pertempuran antara baik dan jahat dalam film "Joker" yang baru-baru ini tayang. Sebelum ini, Joker dikenal dengan penggambaran penjahat paling terkenal dalam sejarah buku komik dengan sentuhan mengerikan dalam 50 tahun terakhir.

Lebih lanjut, Joker telah digambarkan di televisi dan di film sejak 1966 dan telah mengalami serangkaian transformasi yang lebih gelap dari hari-hari awalnya sebagai badut dengan tawa yang luar biasa.

"Karakternya hampir tidak sama. Saya pikir Joker telah mencerminkan saat-saat di mana dia digambarkan," kata Matthew Belloni, direktur editorial Hollywood Reporter, dilansir Reuters, Jumat (4/10/2019).

"Joker," yang dibintangi Joaquin Phoenix dan tayang di bioskop seluruh dunia minggu ini telah memenangkan hadiah utama di festival film Venice bulan lalu. Ini adalah film pertama di mana Joker menjadi karakter utama.

Berlatar belakang New York pada 1980-an, film besutan Warner Bros (TN) ini menggambarkan pria yang menjadi musuh bebuyutan Batman sebagai pecundang yang terisolasi, diintimidasi, sakit mental, dan tanpa sadar mengilhami pemberontakan populis yang dilakukan oleh orang-orang buangan lainnya.

"Joker baru itu terjun ke nihilisme. Tidak ada penebusan sama sekali. Ini jauh lebih suram untuk ditonton daripada Joker milik Heath Ledger di 'The Dark Knight'," kata David Crow, seorang associate editor di situs web budaya pop Den of Geek.

Phoenix, yang kinerjanya dilihat oleh pengamat penghargaan sebagai pesaing potensial untuk aktor terbaik Oscar tahun depan, mengatakan kepada wartawan di Venesia pada Agustus lalu, "Saya tidak merujuk pada kreasi masa lalu karakter ini."


Pandangan Phoenix terhadap Joker sangat jauh dari Cesar Romero, yang merupakan aktor pertama yang memainkan peran dalam serial televisi "Batman" pada 1960-an, yang terutama ditujukan untuk anak-anak.

"Romero bahkan tidak mencukur kumisnya untuk peran itu. Dia menempatkan make-up di atas kumis. Dia bersenang-senang dengannya," kata Crow.

Pada 1989, Jack Nicholson membawa sentuhannya yang gila pada karakter dalam film "Batman", tetapi sebagian besar masih bercerita tentang seorang yang iseng.

Phoenix menunjukkan penampilan yang begitu menegangkan sehingga sulit untuk ditonton sesekali.

"Jika ini bukan karakter buku komik, akan menjadi salah satu karakter paling mengerikan yang pernah saya lihat dalam film," kata Belloni.

Film ini memiliki peringkat R di Amerika Serikat, yang berarti mereka yang berusia di bawah 17 perlu ditemani oleh orang tua.

"Ini bukan untuk anak-anak, dan mereka tidak akan menyukainya," kata rantai bioskop Alamo Drafthouse dalam peringatan di situs webnya menjelang akhir pekan pembukaan.

Bagaimana dengan Anda, sudahkah menonton film ini di bioskop kesayangan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro