Anggota DPR dari Fraksi NasDem Lora Fadil dan ketiga istrinya./Instagram @pondokpesantren_alqodiri
Relationship

Anggota DPR Lora Fadil Beristri 3, Begini Dampak Negatif untuk Anak

JIBI
Jumat, 4 Oktober 2019 - 07:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Nama anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Lora Fadil, sedang menjadi perbincangan publik. Hal ini disebabkan oleh foto dirinya bersama dengan tiga istrinya saat pelantikan di gedung DPR pada Selasa (1/10/2019).

Perwakilan Partai NasDem ini mengaku bahwa ketiganya adalah istri sah. Fadil mengatakan bahwa sudah 22 tahun berumah tangga dan 8 tahun hidup dengan tiga istri.

“Waktu pelantikan periode pertama 2009, masih bawa dua istri. Tahun 2014 saya sudah bawa tiga istri,” katanya.

Melansir dari situs Psychology Today, beristrikan lebih dari satu orang alias poligami adalah hak setiap orang. Namun, ini bisa menimbulkan dampak yang negatif, khususnya pada anak.

Dosen psikologi senior di Brunel University London, Inggris, Michael Prince mengatakan bahwa dari sisi ekonomi, anak tidak bisa mendapatkan kebutuhannya secara penuh. Terlebih, dengan keluarga yang punya banyak anak.

 “Suami yang berpoligami sering mengatakan bahwa kebutuhan anak sudah tercukupi dengan baik. Tapi, coba Anda bandingkan dengan gaji yang diterima oleh suami dan dibagi kepada satu atau dua orang anak saja? Tentu lebih besar dan lebih memuaskan,” katanya.

Dampak negatif lain juga terbentuk dari segi sosial. Menurut Prince, anak yang memiliki orang tua berpoligami akan sering merasakan perundungan sebab secara umum gambaran masyarakat tentang kehidupan rumah tangga itu terbentuk dari satu suami, satu istri, dan anak.

“Karena adanya perbedaan dalam susunan keluarga, anak-anak menjadi sering mendapatkan tekanan sosial,” katanya.

Dengan tekanan sosial ini pula, Prince mengatakan bahwa hal tersebut bisa mempengaruhi kesehatan psikis anak.

“Kalau anak-anak tidak kuat dengan pandangan sosial yang terus melihatnya berbeda, ini bisa menyebabkan depresi dan gangguan mental lain,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro