Ilustrasi/Antara
Health

Gunakan Handphone Saat Buang Air Besar Bisa Wasir

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 8 Oktober 2019 - 07:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Percaya atau tidak banyak orang yang menghabiskan waktunya bermain handphone sembari buang air besar di toilet.

Entah itu mengecek e-mail atau media sosial, orang-orang umumnya akan menghabiskan waktu lebih lama ketika bermain handphone selama buang air besar. 

Kebiasaan ini disebutkan beberapa ahli kesehatan dapat menyebabkan penyakit wasir. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Dikutip dari Times of India, toilet sebenarnya penuh dengan kuman dan bakteri yang bisa mengakibatkan berbagai masalah kesehatan.

Bermain handphone sembari buang air besar membuat Anda menghabiskan banyak waktu duduk di toilet. Secara tidak sadar, Anda akan memberi tekanan lebih besar pada vena anus di rektum bawah, yang merupakan cikal bakal penyakit wasir. 

Hal ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri, bengkak, atau pendarahan.

Masalahnya bukan hanya pada handphone, tapi waktu yang Anda habiskan di toilet yang akan semakin lama ketika bermain handphone. 

Sesuai survei YouGov baru-baru ini, hampir 57 persen orang Inggris mengaku menggunakan telepon mereka di toilet dan delapan persen mengatakan mereka terbiasa melakukan hal tersebut.

Jadi, jika Anda sering menggunakan handphone setiap saat, bahkan di toilet, sekarang saatnya untuk mempertimbangkannya kembali. Ditambah lagi, kamar mandi adalah tempat berkembang pesatnya bakteri seperti salmonella, E. coli, dan E. coli C, yang dapat menempel pada ponsel Anda dan kemudian masuk ke dalam tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro