Piala Oscar/
Entertainment

Oscar: 93 Negara Ikuti Seleksi Kategori Film Internasional Terbaik

Syaiful Millah
Selasa, 8 Oktober 2019 - 07:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 93 negara telah mengirimkan entri film untuk dipertimbangkan dalam nominasi kategori film fitur internasional terbaik (Best International Feature Film) pada ajang Oscar atau Academy Awards.

Dilansir dari Variety, Selasa (8/10/2019) Academy of Motion Pictures Arts and Sciences telah mengumumkan daftar lengkap seluruh film dan asal negara yang memenuhi syarat untuk kategori tersebut pada Senin.

Jumlah tersebut menjadi rekor baru keikutsertaan negara-negara dalam ajang Oscar. Jumlah tertinggi sebelumnya untuk entri film internasional terbanyak adalah 92 judul pada 2017. Sementara itu, pada tahun lalu ada 87 judul film dari kategori ini.

Negara yang baru pertama kali mengikuti kategori untuk film internasional terbaik atau yang dulu dikenal sebagai kategori film berbahasa asing terbaik (Best Foreign Language Film) adalah Nigeria dan Uzbekisztan.

Adapun, beberapa judul film di kategori ini yang cukup populer adalah Parasite dari Korea Selatan yang memenangkan penghargaan tertinggi Festival Film Cannes. Film yang diarahkan oleh Bong Joon Ho itu juga baru-baru ini menyabet enam penghargaan di ajang Buil Film Award 2019.

Judul lainnya ialah Weathering With You dari Jepang yang merupakan film animasi besutan sutradara Makoto Shinkai. Film Atlantics dari Senegal besutan sutradara Mati Diop yang memenangkan Grand Prix di Cannes.

Ada juga Pain and Glory besutan Pedro Almodovar dari Spanyol, Les Miserables dari Perancis, The Boy Who Harnessed the Wind dari Inggris, dan Out Stealing Horses dari Norwegia.

Sementara itu, perwakilan Indonesia yang ditunjuk berlaga dalam kategori ini adalah film besutan sutradara Garin Nugroho berjudul Kucumbu Tubuh Indahku (Memories of My Body). Film ini bercerita tentang perjalanan hidup seorang penari Lengger Lanang.

Daftar singkat 10 film akan diumumkan pada 16 Desember mendatang dan nominasi untuk Oscar ke-92 rencananya diumumkan pada 13 Januari 2020. Puncak acara Oscar sendiri akan berlangsung pada 9 Februari 2020.

Adapun pada penyelenggaraan Oscar sebelumnya, kategori untuk Best International Feature Film diraih oleh film Roma besutan Alfonso Cuaron. Film ini berasal dari Meksiko dan menjadi penghargaan pertama untuk negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro