Robert Downey Jr/Marvel
Entertainment

Tak Masuk Nominasi Oscar untuk Peran Iron Man, Ini Kata Robert Downey Jr.

Syaiful Millah
Selasa, 8 Oktober 2019 - 16:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Peran Robert Downey Jr (RDJ) sebagai Tony Stark atau Iron Man di Marvel Cinematic Universe, bagi sebagian orang merupakan salah satu bagian terbaik dari seluruh waralaba film populer tersebut.

Selama bertahun-tahun, bahkan lebih dari satu dekade, para penggemar telah berharap untuk melihat aktor itu mendapatkan pengakuan dari Academy Award atau Oscar untuk kontribusinya di industri perfliman.

Terlebih, perannya dalam film Avengers: Endgame (2019) yang menjadi film terlaris sepanjang masa dan mendapatkan respon positif di seluruh dunia. Dalam film tersebut, sebagaimana diketahui Iron Man harus mengakhiri hidupnya.

Namun demikian, kabar kurang mengenakkan datang dari kampanye yang dilakukan Disney untuk nominasi Oscar beberapa waktu lalu. Melalui situs web Disney For Your Consideration, perusahaan telah mengumumkan beberapa bidikan nominasi Oscar untuk film Avengers: Endgame.

Nominasi tersebut termasuk kategori Best Picture untuk Kevin Feige, Best Director untuk Anthony, dan Joe Russo, serta beberapa kategori lain. Totalnya ada 12 kategori yang dikampanyekan untuk film pamungkas Marvel tersebut.

Sayangnya, tidak ada kategori Best Actor untuk siapa pun dari daftar yang diumumkan Disney, termasuk untuk RDJ yang digadang-gadang bakal mendapatkan kesempatan tersebut. Hal ini, memicu tanggapan para penggemar yang kecewa dengan keputusan Disney.

Namun , RDJ yang muncul dalam acara The Howard Stren Show pada Senin (7/10/2019) waktu setempat mengungkapkan bahwa dirinya tidak terlalu ingin dimasukkan dalam kampanye nominasi Oscar dan tidak masalah dengan hal tersebut.

“Aku sangat senang ada beberapa pembicaraan tentang itu [absennya RDJ dari nominasi Oscar oleh Disney] dan Aku setuju dengan pendapat banyak orang … Kadang-kadang aku akan berpikir ‘oh bukan itu yang kulihat, tapi aku senang banyak yang memandangnya demikian’,” katanya seperti dikutip Comicbook, Selasa (8/10/2019).

Kalimat itu menunjukkan bahwa RDJ senang banyak penggemar yang mendukungnya untuk mendapatkan Oscar atas kerja kerasnya di Marvel. Akan tetapi, dia tidak terlalu ambil pusing dengan hal tersebut.

Memang, selama perjalanan 11 tahunnya di semesta pahlawan super tersebut, RDJ belum sempat merasakan manisnya nominasi dan piala Oscar.

Dia justru pernah dinominasikan dua kali untuk film lain, yakni kategori Best Actor dalam film Chaplin (1992) dan kategori Best Supporting Actor dalam film Tropic Thunder (2008).

Namun bagaimana pun, para penggemar punya pandangan lain. Hal ini terlihat dari sebuah petisi di Change.org yang mendorong pengakuan untuk RDJ di ajang Oscar dalam kategori Best Actor. Petisi itu dibuat oleh Diana Whatley dan hingga kini terus mendapatkan dukungan baru.

“Kami yang bertanda tanga di bawah ini sangat tersentuh oleh penampilan Tuan Robert Downey Jr sebagai Tony Stark di Avengers: Endgame sehingga kami yakin ia pantas menerima Academy Award untuk Best Actor,” demikian keterangan yang tertera dalam petisi tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro