Ilustrasi/Webmd
Health

9 Cara Efektif Menjadi Orang Tua yang Ideal

Mia Chitra Dinisari
Senin, 14 Oktober 2019 - 13:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Membesarkan anak-anak adalah salah satu pekerjaan terberat dan paling memuaskan di dunia.

Tidak ada pakem khusus buat orang tua bagaimana sebenarnya membesarkan anak-anaknya. Karena itu, pola parenting masing-masing orang tua itu berbeda dan biasanya juga disesuaikan dengan kondisi si anak sendiri.

Banyak orang tua yang merasa bingung bagaimana caranya menjadi orang tua yang baik bagi anak-anaknya. Kebanyakan merasa khawatir tidakbisa menjadi orang tua yang sempurna, dan terus belajar setiap harinya.

Berikut adalah sembilan tips membesarkan anak yang dapat membantu Anda merasa lebih terpenuhi sebagai orangtua.

1. Meningkatkan Harga Diri Anak Anda

Anak-anak mulai mengembangkan kesadaran diri mereka sebagai bayi ketika mereka melihat diri mereka sendiri melalui mata orang tua mereka. Nada suara Anda, bahasa tubuh Anda, dan setiap ekspresi Anda diserap oleh anak-anak Anda. Kata-kata dan tindakan Anda sebagai orangtua memengaruhi harga diri mereka yang berkembang lebih dari apa pun.

Memuji prestasi, betapapun kecilnya, akan membuat mereka merasa bangga; Membiarkan anak-anak melakukan sesuatu secara mandiri akan membuat mereka merasa mampu dan kuat. Sebaliknya, meremehkan komentar atau membandingkan anak yang tidak baik dengan yang lain akan membuat anak merasa tidak berharga.

Hindari membuat pernyataan yang dimuat atau menggunakan kata-kata sebagai senjata. Komentar seperti "Sungguh hal yang bodoh untuk dilakukan!" atau "Kamu bertingkah lebih seperti bayi daripada adik laki-lakimu!" menyebabkan kerusakan seperti halnya pukulan fisik.

Pilih kata-kata Anda dengan hati-hati dan berbelas kasih. Biarkan anak-anak Anda tahu bahwa semua orang membuat kesalahan dan bahwa Anda masih mencintai mereka, bahkan ketika Anda tidak menyukai perilaku mereka.

2. Tangkap Anak-Anak Menjadi Baik

Pernahkah Anda berhenti untuk memikirkan berapa kali Anda bereaksi negatif terhadap anak-anak Anda pada hari tertentu? Anda mungkin lebih sering mengkritik daripada memuji. Bagaimana perasaan Anda tentang bos yang memperlakukan Anda dengan bimbingan negatif sebanyak itu, bahkan jika itu dilakukan dengan niat baik?

Pendekatan yang lebih efektif adalah menangkap anak-anak melakukan sesuatu dengan benar: "Anda membuat tempat tidur Anda tanpa diminta - itu hebat!" atau "Aku melihatmu bermain dengan adikmu dan kamu sangat sabar." Pernyataan-pernyataan ini akan melakukan lebih banyak untuk mendorong perilaku yang baik dalam jangka panjang daripada teguran berulang.

Buat titik untuk menemukan sesuatu untuk dipuji setiap hari. Bersikaplah dermawan dengan hadiah - cinta, pelukan, dan pujian Anda bisa menghasilkan keajaiban dan seringkali cukup memberi hadiah. Segera Anda akan menemukan bahwa Anda "menumbuhkan" lebih banyak perilaku yang ingin Anda lihat.

3. Tetapkan Batas dan Konsistenlah dengan Disiplin Anda

Disiplin diperlukan di setiap rumah tangga. Tujuan dari disiplin adalah untuk membantu anak-anak memilih perilaku yang dapat diterima dan belajar mengendalikan diri. Mereka mungkin menguji batas yang Anda buat untuk mereka, tetapi mereka membutuhkan batas itu untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab.

Menetapkan aturan rumah membantu anak-anak memahami harapan Anda dan mengembangkan kontrol diri. Beberapa aturan mungkin termasuk: tidak ada TV sampai pekerjaan rumah selesai, dan tidak ada pukulan, panggilan nama, atau godaan yang menyakitkan diizinkan.

Anda mungkin ingin memiliki sistem: satu peringatan, diikuti oleh konsekuensi seperti "time out" atau hilangnya hak istimewa. Kesalahan umum yang dibuat orang tua adalah kegagalan untuk menindaklanjuti dengan konsekuensi. Anda tidak dapat mendisiplinkan anak-anak untuk berbicara kembali suatu hari dan mengabaikannya di hari berikutnya. Konsisten mengajarkan apa yang Anda harapkan.

4. Luangkan Waktu untuk Anak-Anak Anda

Seringkali sulit bagi orang tua dan anak-anak untuk berkumpul bersama untuk makan bersama keluarga, apalagi menghabiskan waktu bersama yang berkualitas. Tapi mungkin tidak ada yang lebih disukai anak-anak. Bangunlah 10 menit lebih awal di pagi hari sehingga Anda dapat makan sarapan dengan anak Anda atau meninggalkan hidangan di wastafel dan berjalan-jalan setelah makan malam. Anak-anak yang tidak mendapatkan perhatian yang mereka inginkan dari orang tua mereka sering bertingkah atau bertingkah karena mereka pasti diperhatikan dengan cara itu.

Banyak orang tua merasa senang menjadwalkan waktu bersama dengan anak-anak mereka. Buat "malam khusus" setiap minggu untuk bersama dan biarkan anak-anak Anda membantu memutuskan bagaimana menghabiskan waktu. Cari cara lain untuk terhubung - letakkan catatan atau sesuatu yang istimewa di kotak makan siang anak Anda.

Remaja tampaknya kurang membutuhkan perhatian penuh dari orang tua mereka daripada anak-anak yang lebih muda. Karena ada lebih sedikit jendela kesempatan bagi orang tua dan remaja untuk berkumpul, orang tua harus melakukan yang terbaik untuk tersedia ketika anak remaja mereka mengungkapkan keinginan untuk berbicara atau berpartisipasi dalam kegiatan keluarga. Menghadiri konser, permainan, dan acara lain dengan anak remaja Anda berkomunikasi dengan peduli dan membuat Anda dapat mengetahui lebih banyak tentang anak Anda dan teman-temannya dengan cara yang penting.

Jangan merasa bersalah jika Anda orang tua yang bekerja. Banyak hal kecil yang Anda lakukan - membuat popcorn, bermain kartu, window shopping - yang akan diingat anak-anak.

5. Jadilah Model Peran Yang Baik

Anak-anak kecil belajar banyak tentang bagaimana bertindak dengan memperhatikan orang tua mereka. Semakin muda mereka, semakin banyak isyarat yang mereka ambil dari Anda. Sebelum Anda memukul atau meledakkan baju Anda di depan anak Anda, pikirkan tentang ini: Apakah itu yang Anda inginkan agar anak Anda bersikap ketika marah? Sadarilah bahwa Anda terus diawasi oleh anak-anak Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang terkena biasanya memiliki model peran untuk agresi di rumah.

Teladan sifat-sifat yang ingin Anda lihat pada anak-anak Anda: rasa hormat, keramahan, kejujuran, kebaikan, toleransi. Tunjukkan perilaku yang tidak egois. Lakukan hal-hal untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan. Sampaikan terima kasih dan berikan pujian. Yang terpenting, perlakukan anak-anak Anda seperti yang Anda harapkan orang lain memperlakukan Anda.

6. Jadikan Komunikasi sebagai Prioritas

Anda tidak dapat mengharapkan anak-anak melakukan segalanya hanya karena Anda, sebagai orang tua, "katakan begitu." Mereka menginginkan dan pantas mendapatkan penjelasan seperti halnya orang dewasa. Jika kita tidak mengambil waktu untuk menjelaskan, anak-anak akan mulai bertanya-tanya tentang nilai-nilai dan motif kita dan apakah mereka memiliki dasar. Orang tua yang berunding dengan anak-anak mereka memungkinkan mereka untuk memahami dan belajar dengan cara yang tidak menghakimi.

Buat harapan Anda jelas. Jika ada masalah, jelaskan, ungkapkan perasaan Anda, dan undang anak Anda untuk mencari solusi bersama Anda. Pastikan untuk memasukkan konsekuensi. Buat saran dan tawarkan pilihan. Terbuka untuk saran anak Anda juga. Negosiasi. Anak-anak yang berpartisipasi dalam keputusan lebih termotivasi untuk melaksanakannya.

7. Bersikap Fleksibel dan Bersedia Menyesuaikan Gaya Mengasuh Anak Anda

Jika Anda sering merasa "dikecewakan" oleh perilaku anak Anda, mungkin Anda memiliki harapan yang tidak realistis. Orang tua yang berpikir dalam "keharusan" (misalnya, "Anak saya seharusnya sudah dilatih di toilet") mungkin akan bermanfaat untuk membaca tentang masalah ini atau untuk berbicara dengan orang tua lain atau spesialis perkembangan anak.

Lingkungan anak-anak memiliki efek pada perilaku mereka, jadi Anda mungkin dapat mengubah perilaku itu dengan mengubah lingkungan. Jika Anda terus-menerus mengatakan "tidak" kepada anak Anda yang berusia 2 tahun, cari cara untuk mengubah lingkungan Anda sehingga lebih sedikit hal yang terlarang. Ini akan menyebabkan lebih sedikit frustrasi untuk Anda berdua.

Saat anak Anda berubah, Anda harus secara bertahap mengubah gaya pengasuhan Anda. Kemungkinannya, apa yang bekerja dengan anak Anda sekarang tidak akan bekerja dengan baik dalam satu atau dua tahun.

Remaja cenderung kurang memperhatikan orang tua mereka dan lebih kepada rekan-rekan mereka untuk teladan. Tetapi terus memberikan bimbingan, dorongan, dan disiplin yang tepat sambil memungkinkan anak remaja Anda mendapatkan lebih banyak kemandirian. Dan raih setiap momen yang tersedia untuk membuat koneksi!

8. Tunjukkan Bahwa Cinta Anda Tidak Bersyarat

Sebagai orang tua, Anda bertanggung jawab untuk mengoreksi dan membimbing anak-anak Anda. Tetapi bagaimana Anda mengekspresikan panduan korektif Anda membuat semua perbedaan dalam bagaimana seorang anak menerimanya.

Ketika Anda harus menghadapi anak Anda, hindari menyalahkan, mengkritik, atau menemukan kesalahan, yang merusak harga diri dan dapat menyebabkan kebencian. Sebaliknya, berusahalah untuk memelihara dan memberi semangat, bahkan ketika mendisiplinkan anak-anak Anda. Pastikan mereka tahu bahwa meskipun Anda ingin dan mengharapkan yang lebih baik di waktu berikutnya, cinta Anda tetap ada.

9. Ketahui Kebutuhan dan Batasan Anda Sendiri sebagai Orang Tua

Hadapi itu - Anda adalah orang tua yang tidak sempurna. Anda memiliki kekuatan dan kelemahan sebagai pemimpin keluarga. Kenali kemampuan Anda - "Saya mencintai dan berdedikasi." Bersumpah untuk mengatasi kelemahan Anda - "Saya harus lebih konsisten dengan disiplin." Cobalah untuk memiliki harapan yang realistis untuk diri sendiri, pasangan Anda, dan anak-anak Anda. Anda tidak harus memiliki semua jawaban - memaafkan diri sendiri.

Dan cobalah menjadikan pengasuhan anak sebagai pekerjaan yang mudah dikelola. Fokus pada area yang paling membutuhkan perhatian daripada mencoba menangani semuanya sekaligus. Akui saja ketika Anda kehabisan tenaga. Luangkan waktu dari mengasuh anak untuk melakukan hal-hal yang akan membuat Anda bahagia sebagai pribadi (atau sebagai pasangan).

Berfokus pada kebutuhan Anda tidak membuat Anda egois. Ini hanya berarti Anda peduli dengan kesejahteraan Anda sendiri, yang merupakan nilai penting lainnya untuk menjadi teladan bagi anak-anak Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : kidshealth.org
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro