Strategi Bisnis Perusahaan Kosmetik Korea Selatan Tembus Pasar Asean

Perusahaan kosmetik asal Korea Selatan Amorepacific makin serius ekspansi bisnisnya secara global.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 18 Oktober 2019  |  13:50 WIB
Strategi Bisnis Perusahaan Kosmetik Korea Selatan Tembus Pasar Asean
Kosmetik asal Korea Selatan Amorepacific - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan kosmetik asal Korea Selatan Amorepacific makin serius ekspansi bisnisnya secara global.

Peningkatan strategi bisnis terus dilakukan melalui ekspansi dan perluasan jangkauan ritel ke berbagai wilayah khususnya di Asean. Pada 2023, Amorepacific menargetkan pendapatan 500 miliar won, setara dengan US$421 juta (Rp5,9 triliun) di Asean. 

Kehadiran pasar Amorepacific di Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, Indonesia, dan Filipina, terus tumbuh signifikan berkat promosi dan penerimaan positif dari konsumen. Dengan Asean sebagai pusatnya, kawasan Asia-Pasifik diproyeksikan untuk terus bertumbuh.

Robin Na, Head of Amorepacific's Asean Business menyampaikan beberapa strategi bisnis untuk mencapai target profit 2023 di Asean belum lama ini.

“Dengan pengalaman bisnis di Asean dan pemahaman yang mendalam tentang pelanggan lokal, kami mengalami pertumbuhan yang berkelanjutan," ujarnya.

Dia mengatakan bahwa pihaknya ingin terus berkomitmen untuk memperkenalkan merek dan produk unggulannya ke lebih banyak konsumen di Asean.

Berikut ini strategi bisnis Amorepacific dalam ekspansinya di Asean: 

1. Menargetkan pasar di lebih banyak di Asean

Setelah meluncurkan ekspansi bisnis di Asean pada 1998, Amorepacific terus membangun basis bisnisnya di Singapura, Malaysia, Thailand, Indonesia, Vietnam, dan tahun lalu ekspansi ke Filipina. Saat ini Amorepacific tengah meninjau negara-negara lain, seperti Myanmar dan Kamboja. 

Seiring hal ini Amorepacific juga  memperluas target pasar di daerah perkotaan lain di negara-negara tersebut. Artinya, tidak hanya fokus pada toko di pusat kota besar, tetapi juga kota-kota potensial lainnya. Pada 2020 Amorepacific menargetkan pembukaan toko di kota-kota target baru, seperti di Penang, Pattaya, Surabaya, dan Medan.

2. Meluncurkan merek baru

Amorepacific berencana meluncurkan merek baru di setiap negara Asean dengan penyesuaian dengan kebutuhan konsumen di wilayah tersebut tanpa meninggalkan tren pasar global. Sembari  memperkuat bisnis merek perawatan kulit seperti Sulwhasoo, Laneige, dan Mamonde, Amorepacific berencana untuk secara aktif mengembangkan produk untuk rambut di Asean yakni Ryo dan Mise-en-scene.

3. Mengutamakan pengalaman konsumen

Digitalisasi dan kebangkitan konsumen milenial dinilai sebagai tren penting di pasar Asean. Amorepacific merespons tren ini dengan memanfatkan digitalisasi dalam bisnis yakni fokus pada toko digital dan multi-merek. Pada Mei 2019, misalnya, Amorepacific menandatangani kemitraan dengan Grup Lazada untuk penjualan produk.

Di Indonesia, Amorepacific menggelar acara bertajuk "Exciting Amorepacific, Exciting Asean"  di Central Park Mall Jakarta belum lama ini.

Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seru di mana konsumen dapat mencoba merek-merek unggulan Amorepacific seperti Laneigne, Innisfree, Mamonde, Sulwhasoo, dan lain-lain. Konsumen juga dapat menyaksikan sejarah perjalanan bisnis Amorepacific yang terus berinovasi dari tahun ke tahun.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
korea selatan, asean, kosmetik

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top