Tanaman hias aglonema./Bisnis-Reni Lestasi
Fashion

Tips Merawat si Cantik Aglonema

Reni Lestari
Minggu, 3 November 2019 - 12:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu tanaman hias yang populer di kalangan masyarakat yakni aglonema, tumbuhan yang terdiri atas susunan daun dengan warna dan urat-urat yang cantik.

Saat ini komunitas pecinta aglonema tersebar di berbagai daerah di Indonesia, juga kontes-kontes yang rutin diselenggarakan, menunjukkan tanaman ini memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia.

Ketua Komunitas Aglonema Bogor Gunawan Setyanto mengatakan perawatan aglonema sebenarnya tidak sulit. Namun bagi orang yang belum terbiasa merawat tanaman ini, meungkin akan menjadi sulit.

Menurutnya, kiat dan teknis perawatan aglonema seperti penyiraman dan pemupukan bisa didapat dengan mudah. Antara lain melalui komunitas dan internet. Namun, lanjutnya, yang paling penting dari menjadi pehobi aglonema adalah kecintaan kepada tanaman itu sendiri.

“Paling utama kita harus sayang dulu terhadap tanaman itu,  seperti halnya kita mengasuh anak kecil,” ujarnya di kawasan Sawangan Depok, Minggu (3/11/2019).

Dia melanjutkan, dia ada gejala sakit pada tanaman atau pertumbuhan yang terhambat, segeralah cari tahu apa penyebabnya dan bagaimana menanggulanginya. Gunawan mengatakan, kebanyakan pehobi tidak tanggap mengenai hal ini, dan membiarkan saja tanaman yang terkena penyakit.

“Segera cari tahu apa yang dibutuhkan, misalkan bongkar akarnya,  atau makanan apa yang diperlukan.  Asal ada kecintaan itu, masalah teknis bisa dicari solusinya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, untuk mengikuti berbagai kontes tanaman, pemilik harus lebih memperhatikan kondisi tanaman. Seperti kesehatan fisik, ukuran dan susunan daun, serta pot yang serasi.

Tips Merawat si Cantik Aglonema

Gunawan mengatakan, saat ini di pasaran aglonema dihargai mulai dari puluhan ribu hingga ratusan juta rupiah. Dia sendiri memiliki lebih dari 20 ribu pot aglonema di kebunnya. Harga termahal untuk aglonema miliknya yakni Rp2,5 juta. Adapun yang membuat suatu aglonema mahal yakni jenisnya yang langka atau warna daunnya yang menawan.

Sebagai pehobi dan petani aglonema, Gunawan telah menjual banyak tanamannya ke penjuru Nusantara.

“Saya banyak kirim ke Papua,  Kalimantan, Lampung Riau, Maluku, Jawa juga banyak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro