sumber: Reuters
Relationship

Berawal Otodidak, Kini Karya Pembuat Biola Ini Dihargai Hingga 60.000 Euro

Reni Lestari
Selasa, 5 November 2019 - 12:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Svetozar Bogdanovski membuat biola pertamanya 35 tahun yang lalu untuk putranya Kostadin, saat itu berusia 7 tahun dan telah menyatakan minatnya pada alat musik itu.

Sekarang, biola Bogdanovski dihargai 60.000 euro (US $67.000) masing-masing dan dijual di seluruh dunia, sementara Kostadin adalah pemain biola yang diakui secara internasional. Adik perempuannya, Frosina, juga seorang pemain biola profesional.

"Saya harus menciptakan kondisi untuknya (Kostadin) untuk berkembang. Kondisi pertama adalah memiliki instrumen yang bagus, yang saya tidak mampu, ”kata Bogdanovski, dilansir Reuters, Selasa (5/11/2019).

Bogdanovski, seorang penduduk Veles, sebuah kota di Makedonia Utara sekitar 50 km (30 mil) selatan ibukota Skopje, akhirnya berhenti pekerjaannya sebagai seorang seniman untuk mengabdikan diri sepenuhnya untuk membuat biola.

Istrinya Marija, seorang profesor biola, dan sesama seniman Tatjana Miseva juga bergabung dengannya dalam bisnis baru ini. Saat ini mereka telah menghasilkan lebih dari 700 instrumen, beberapa di antaranya salinan instrumen yang dibuat oleh master terkenal Italia seperti Guarnerius.

Bogdanovski menggunakan kayu maple untuk bagian bawah biolanya dan kayu cemara untuk bagian atas, semua secara eksklusif dari hutan Bosnia kuno. Kayu itu pertama-tama dikeringkan, kemudian direndam dalam air asin selama beberapa tahun sebelum pembangunan instrumen dimulai.

"Setiap biola memiliki sesuatu yang spesifik dan unik. Itu sebabnya tidak ada dua yang sama, meskipun setiap instrumen terlihat sama seperti yang lainnya. Mereka berbeda satu sama lain seperti halnya manusia," katanya.

Di antara penghargaan internasional yang telah dia kumpulkan, Bogdanovski sangat bangga dengan kemenanggannya dalam sebuah kompetisi di Italia untuk membuat peranti yang diturunkan dari master biola Cremona.

Dia juga dua kali memenangkan penghargaan tahunan bergengsi dari Masyarakat Biola Amerika, pada 2008 dan 2012. Rachel Barton dari AS, Robert Lakatos dari Serbia dan Jonian-Ilia Kadesa dari Yunani adalah beberapa pemain biola terkemuka yang menggunakan instrumennya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Sumber : Reuters
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro