Ilustrasi/Thelinenfactory
Health

Anda Stres Berat? Tidurlah Dengan Nyenyak

Reni Lestari
Rabu, 6 November 2019 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbicara tentang solusi gangguan kecemasan, sastrawan terkemuka William Shakespeare pernah menyebut tidur sebagai obat bagi pikiran yang terluka.

Sementara, menurut penelitian dari University of California, Berkeley, tidur yang nyenyak akan menstabilkan emosi. Sebaliknya, malam tanpa tidur dapat memicu kenaikan tingkat kecemasan hingga 30 persen.

Peneliti UC Berkeley telah menemukan bahwa jenis tidur yang paling tepat untuk menenangkan dan me-reset otak cemas adalah tidur nyenyak, juga dikenal sebagai non-rapid eye movement (NREM), suatu keadaan saat osilasi saraf menjadi sangat tersinkronisasi dan detak jantung dan tekanan darah turun.

"Kami telah mengidentifikasi fungsi baru tidur nyenyak, yang mengurangi kecemasan semalaman dengan mengatur kembali koneksi di otak," kata profesor neuroscience dan psikologi UC Berkeley Matthew Walker, penulis senior studi, seperti dilansir Science Daily, Rabu (6/11/2019).

"Tidur nyenyak tampaknya merupakan anxiolytic alami (penghambat kecemasan), selama kita melakukannya setiap malam," lanjut Walker.

Temuan yang diterbitkan dalam jurnal Nature Human Behavior itu menerangkan salah satu hubungan saraf terkuat antara tidur dan kecemasan. Mereka juga menyatakan tidur sebagai obat alami, non-farmasi untuk gangguan kecemasan, yang telah didiagnosis pada sekitar 40 juta orang dewasa Amerika dan meningkat di kalangan anak-anak dan remaja.

"Studi kami sangat menyarankan bahwa kurang tidur memperkuat tingkat kecemasan dan, sebaliknya, tidur nyenyak membantu mengurangi stres seperti itu," kata pemimpin penelitian Eti Ben Simon, seorang mitra pascadoktoral di Center for Human Sleep Science di UC Berkeley.

Dalam serangkaian percobaan menggunakan MRI dan polisomnografi fungsional, di antara tindakan-tindakan lain, Simon dan kolega penelitinya memindai otak 18 orang dewasa ketika mereka melihat secara emosional mengaduk klip video setelah tidur malam yang nyenyak dan setelah malam tanpa tidur. Tingkat kecemasan diukur setelah setiap sesi melalui kuesioner yang dikenal sebagai inventori tingkat kecemasan.

Setelah malam tanpa tidur, pemindaian otak menunjukkan penutupan medial prefrontal cortex, yang biasanya membantu menjaga kecemasan kita tetap terkendali, sementara pusat-pusat emosi yang lebih dalam di otak terlalu aktif.

"Tanpa tidur, hampir seolah-olah otak terlalu berat pada pedal akselerator emosional, tanpa rem yang cukup," kata Walker.

Setelah tidur malam penuh, saat gelombang otak partisipan diukur melalui elektroda yang diletakkan di kepala mereka, hasilnya menunjukkan tingkat kecemasan mereka menurun secara signifikan, terutama bagi mereka yang mengalami tidur NREM gelombang lambat.

"Tidur nyenyak telah memulihkan mekanisme prefrontal otak yang mengatur emosi kita, menurunkan reaktivitas emosional dan fisiologis dan mencegah eskalasi kecemasan," kata Simon.

Selain mengukur hubungan kecemasan tidur pada 18 peserta studi asli, para peneliti mereplikasi hasilnya dalam studi 30 peserta lainnya. Di semua peserta, hasilnya kembali menunjukkan bahwa mereka yang tidur lebih nyenyak di malam hari mengalami tingkat kecemasan terendah pada hari berikutnya.

Selain itu, di samping percobaan laboratorium, para peneliti melakukan studi online dengan melacak 280 orang dari segala usia tentang bagaimana tingkat tidur dan kecemasan mereka berubah selama empat hari berturut-turut.

Hasilnya menunjukkan bahwa jumlah dan kualitas tidur yang didapat para peserta dari satu malam ke malam berikutnya meramalkan betapa cemasnya mereka pada hari berikutnya. Bahkan perubahan tidur malam yang halus mempengaruhi tingkat kecemasan mereka.

"Orang dengan gangguan kecemasan secara rutin melaporkan mengalami gangguan tidur, tetapi jarang perbaikan tidur dianggap sebagai rekomendasi klinis untuk menurunkan kecemasan," kata Simon.

"Studi kami tidak hanya membangun hubungan sebab akibat antara tidur dan kecemasan, tetapi juga mengidentifikasi jenis tidur NREM mendalam yang kita butuhkan untuk menenangkan otak yang terlalu cemas," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro