Ilustrasi/Codyapp
Health

Ingin Semangat Berolahraga? Batasi Waktu Makan Anda

Reni Lestari
Minggu, 10 November 2019 - 19:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinology, membatasi akses makanan pada tikus dapat meningkatkan kadar hormon ghrelin, yang juga dapat meningkatkan motivasi untuk berolahraga.

Studi ini menunjukkan bahwa lonjakan kadar hormon pemacu nafsu makan yakni ghrelin, setelah periode puasa mendorong tikus untuk memulai olahraga dengan sendirinya.

Temuan baru ini juga menunjukkan bahwa kontrol diet yang lebih baik, misalnya membatasi asupan makanan atau puasa dalam waktu sebentar, dapat membantu orang yang kelebihan berat badan mempertahankan rutinitas olahraga yang lebih efektif.

Hal ini juga dapat menurunkan berat badan dan menghindari komplikasi yang melemahkan seperti diabetes dan penyakit jantung.

Obesitas adalah epidemi kesehatan global yang mahal, terus berkembang dan memerlukan strategi intervensi yang lebih efektif untuk menghindari komplikasi serius termasuk penyakit jantung dan diabetes.

Pembatasan makanan dan olahraga teratur adalah dua strategi hemat biaya utama untuk mencegah dan mengobati obesitas.

Namun kondisi ini sering dikaitkan dengan gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan kebiasaan makan yang buruk, seperti ngemil dan makan berlebihan.

Akibatnya, mengikuti kebiasaan olahraga teratur bisa menjadi sulit karena ketidakmampuan berolahraga untuk waktu yang lama atau kurangnya motivasi.

Ghrelin, sering disebut sebagai 'hormon lapar', merangsang nafsu makan melalui tindakan pada sirkuit otak yang meningkatkan motivasi makan.

Hal ini juga telah dilaporkan penting untuk latihan ketahanan dengan meningkatkan metabolisme untuk memenuhi kebutuhan energi dari latihan yang berkepanjangan.

Meskipun penelitian sebelumnya menunjukkan hubungan antara ghrelin dan olahraga, tidak diketahui apakah kadar ghrelin memiliki efek langsung pada motivasi untuk berolahraga.

Dalam penelitian ini, Yuji Tajiri dan rekan-rekannya dari Sekolah Kedokteran Universitas Kurume di Jepang, menyelidiki hubungan antara olahraga dan kadar ghrelin pada tikus.

Asupan makanan dan aktivitas beroda dibandingkan pada tikus yang diberi akses gratis ke makanan dan mereka yang diberi makan hanya dua kali sehari untuk waktu yang terbatas.

Meskipun kedua kelompok memakan jumlah makanan yang sama, tikus yang dibatasi berlari lebih banyak. Tikus yang diubah secara genetik tidak memiliki ghrelin dan pada diet makan terbatas berjalan kurang dari tikus yang diberi akses gratis, namun, ini dapat dibalik dengan pemberian ghrelin.

Selanjutnya, tikus diberi akses gratis ke makanan dan diberi ghrelin juga berlari lebih banyak. Temuan ini menunjukkan bahwa ghrelin dapat memainkan peran penting dalam motivasi untuk makan dan berolahraga, dalam menanggapi rencana makan yang terbatas.

"Temuan kami menunjukkan bahwa kelaparan, yang mempromosikan produksi ghrelin, juga dapat terlibat dalam meningkatkan motivasi untuk latihan sukarela, ketika makan terbatas. Oleh karena itu, mempertahankan rutinitas makan yang sehat, dengan waktu makan atau puasa yang teratur, juga dapat mendorong motivasi untuk berolahraga pada orang yang kelebihan berat badan," kata Tajiri, dilansir Science Daily, Minggu (10/11/2019).

Namun, Tajiri memperingatkan temuan ini dan laporan sebelumnya didasarkan pada studi pada hewan; jauh lebih banyak pekerjaan diperlukan untuk mengkonfirmasi bahwa respons ghrelin ini juga terdapat pada manusia.

Jika hal itu dapat dilakukan dalam praktik klinis, ia tidak hanya membuka diet baru yang hemat biaya dan strategi latihan tetapi juga dapat menunjukkan aplikasi terapi baru untuk obat peniru ghrelin.

Tajiri dan timnya saat ini berencana melakukan lebih banyak eksperimen untuk mengkonfirmasi temuan ini pada manusia, untuk lebih mengkarakterisasi bagaimana ghrelin bertindak di otak untuk menghasilkan motivasi makan atau berolahraga dan untuk mengeksplorasi potensi dunia nyata, manfaat klinis untuk perawatan dan pencegahan obesitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Lestari
Editor : Saeno
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro